Pemkot Ambon Izinkan Bioskop Buka, Ini Kata Satgas Covid-19 Maluku

by
Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang. FOTO : IMAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pekan depan atau minggu terakhir Oktober 2020, akan membuka bioskop di masa pandemi covid-19. Pembukaan bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan, dan membatasi pengunjung studio bioskop.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang meminta agar Pemkot Ambon memperhatikan juga kondisi di luar studio bioskop disamping membatasi kapasitas penonton dalam studio.

Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan di luar bioskop. “Kita dengar Pemkot bolehkan bioskop dibuka, kapasitas (penontonya)-nya hanya boleh 50 persen di dalam studionya, tapi yang di luar juga harus diantisipasi jangan berkerumun,”kata Kasrul di kantor Gubernur Maluku, Jumat (23/10/2020).

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku ini mengatakan, jika kapasitas parkir mobil 200 di halaman tempat bioskop berada, maka itu juga dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan. “Ya kalau bisa jangan 200, dibatasi juga supaya tidak terjadi kerumunan,”sambungnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam keterangan persnya di Kantor Balai Kota Ambon, Kamis 22 Oktober mengatakan Pemkot Ambon akan memperpanjang PSBB Transisi ke tahap VIII terhitung Senin 26 Oktober pekan depan.

Bersamaan dengan itu sektor ekonomi kembali dihidupkan. Salah satunya pembukaan bioskop dengan penerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini dilakukan untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi yang terpuruk selama pandemi.

Loading...

“Oleh karena itu kita akan lanjutkan lagi PSBB kita ke PSBB 8. Tapi kita berikan ruang yang cukup juga untuk pihak swasta. Kali ini kita akan izinkan untuk cinema bioskop mulai beroperasi Senin akan datang. Terhitung Senin depan (26/10/2020),” ungkapnya

Dibukanya kembali bioskop setelah lebih dari lima bulan tak beroperasi tentu memberikan angin segar bagi warga kota. Setelah pagi tadi media nasional pun ramai memberitakan hal serupa.

Namun, kata Walikota, pembukaan bioskop dibarengi dengan pemantauan ketat satgas covid terhadap penerapan protokol kesehatan. “Dengan catatan pertama kapasitas penonton hanya 50 persen. Yang kedua semua penonton wajib memakai masker. Yang ketiga beriperasi dari pukul 10.00 WIT hingga 20.00 WIT,” tegas Richard.

Akan ada tim dari satgas covid bersama satuan polisi pamong praja juga kepolisian dan TNI yang turut memantau aktivitas ini. soal memakai masker, mencuci tangan hingga jarak.

Selain operasional bioskop, ‘kelonggaran’ di PSBB Transisi VIII juga diberikan kepada pelaku usaha restiran, rumah makan, café dan usaha sejenisnya. Jika selama ini batas operasioal hingga pukul 20.00 WIT, mulai pekan depan jam operasional hingga pukul 21.00 WIT selama dua minggu. Sementara yang belum bisa beroperasi adalah tempat hiburan malam sepeti karaoke.

Dia berharap cara itu mampu membangkitkan kembali ekonomi kota yang terpuruk selama pandemik. (Ruzady/Priska Birahy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *