Pemkot Ambon Kampanye Eliminasi Penyakit Kusta

by
Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru memberikan sambutan saat kampanye eliminasi kusta tingkat Kota Ambon, Kamis (15/3). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar pertemuan advokasi, sosialisasi dan pelatihan singkat intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta tingkat Kota Ambon Tahun 2018 yang  berlangsung di Hotel Elizabet Ambon, Kamis (15/3).

Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru dalam sambutannya mengatakan, kusta dan frambisia oleh badan kesehatan dunia digolongankan kedalam kelompok penyakit tropis terabaikan yang ada di Indonesia. “Jumlah kasus yang dilaporkan tidak terlalu banyak, bahkan cenderung terfokus pada kantong-kantong wilayah tertentu di Indonesia, khususnya Indonesia timur,” kata Latuheru.

Latuheru mengungkapkan, dampak.yang ditimbulakan penyakit kusta dan frambusia sangat luas dan sering bermanivestasi pada jaringan kulit dan jika tidak ditangani secara cepat akan mengalami kecacatan.

“Akibat kecacatan yang terjadi bukan saja akan menimbulkan masalah fisik penderita melainkan gangguan juga pada psikis yang turut berpengaruh pada faktor sosial ekonomi, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia,” kata Latuheru.

Menurutnya, penyakit kusta dan frambusia sebagian besar disebabkan karena kurang cepatnya respon masyarakat terhadap potensi kemunculan penyakit kusta di lingkungan sekitarnya. Secara nasional, lanjut dia, Indonesia sudah mencapai eliminasi kusta sejak tahun 2000.

Namun, situasi epidmiologi kusta sejak tahun 2001 hingga kini cenderung statis tanpa banyak mengalami perubahan yang signifikan. “Saya berharap kegiatan ini dapat mencapai hasil yang diharapkan yakni adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan penyakit kusta dan frambusia,” katanya. (IAN)