Pemkot Ambon Siapkan Pembinaan Warga di Lokalisasi

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemerintah kota Ambon telah menyiapkan skema jangka panjang pembinaan warga sekitar lokalisasi Tajung Batumerah Ambon. Hal itu sebagai tanggung jawab pemerintah terhadap ketimpangan sosial dan ekonomi setelahnya.

Dalam sesi coffee morning, Walikota Ambon Richard Louhenepssy bersama kepala SKPD dan sejumlah wartawan menyebutkan hal tersebut. Pembinaan keterampilan dan life skill menjadi salah satu prioritas paskapenutupan lokalisasi.

“Jelas ada pemberdayaan buat warga di situ. Ada dinas sosial dan disperindag akan tindak lanjuti. Seperti kelompok usaha bersama (KUB) atau pembinaan lain. Itu indag dan sosial sudah pikirkan,” jelas walikota Ambon di sky bar Hotel the City pagi tadi (30/12/2019).

Dalam kesempatan itu dia tidak menjelaskan skema pembinaan berkelanjutan secara detil. Namun Richard memastikan bahwa sektor usaha penggerak ekonomi di sana akan distimulus melalui pembukaan lapangan pekerjaan baru. Dia tak menampik kepulangan PSK serta penutupan itu munculkan masalah baru. Namun hal itu sebisa mungkin ditekan melalui jalur koordinasi bersama dinas terkait.

Sementara terkait kepulangan para PSK yang ditunda, Richard memastikan mereka akan diakomodasi pemerintah menggunakan pesawat. “Sesuai standar mereka dipulangkan dengan kapal.

Tapi sudah, pemkot Ambon fasilitasi kepulangan pakai pesawat ke kampung halaman mereka,” jelasnya. Sementara untuk biaya hidup dan pembinaan selama sebulan kedepan, kementrian sosial yang akan menanggungnya dengan besran Rp 6 juta. (PRISKA BIRAHY)