Pemkot Bakal Gelar Pilkades Serentak Di Ambon

by

TERASMALUKU.COM, AMBON,-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merencanakan tahun ini akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di delapan desa Pemerintahan yang ada di Kota Ambon.

Hal tersebut berdasarkan arahan walikota Ambon Richard Louhenapessy agar seluruh desa dan negeri mempunyai pemimpin yang definitif.

“Delapan desa dalam tahun ini akan diadakan pemilihan serentak,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Steven Dominggus
Kepada wartawan di Ambon, Selasa (13/4/2021).

Steven mengaku, untuk waktu pelaksanaan, belum bisa dipastikan kapan, karena pihaknya masih menunggu peraturan Walikota Ambon terkait pemilihan kepala desa tersebut.

“Waktunya belum bisa dipastikan, kita sedang proses pembuatan perwali, setelah itu baru dibentuk panitia di tingkat desa,” katanya.

Selain delapan desa, tambah dia, ada juga satu negeri adat yang melakukan pemilihan secara serentak dengan pemilihan desa.

Hal ini karena berdasarkan peraturan yang ada, terdapat dua mata rumah, sehingga dari kedua mata rumah akan mengangkat masing-masing calon untuk dipilih nantinya oleh masyarakat.

“kalau lebih dari satu mata rumah itu pengangkatan dan masing-masing mata rumah akan mencalonkan satu orang untuk dipilih,” ujarnya. (Alfian Sanusi)