Pemkot Palu Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi

by
Ilustrasi - Seorang siswi SDN Model Terpadu Madani menunjukkan soal ujian akhir semester (UAS) yang dikerjakan secara daring di rumahnya di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/6/2020). ANTARA/Mohamad Hamzah/nz.

Misalnya, kata Ansyar, dalam satu kelas hanya bisa diisi maksimal 50 persen dari total peserta didik, antara peserta didik harus duduk berjarak minimal satu meter. Tenaga pendidik juga harus menjaga jarak dengan peserta didik.

Ia berharap upaya-upaya tersebut efektif mencegah terjadinya penularan dan penyebaran COVID-19 antar tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta saat melangkah pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Mekanisme agar sekolah tersebut diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka yakni pihak sekolah harus mengusulkan dulu kepada Disdikbud Palu, setelah itu Disdikbud Palu akan mengevaluasi kesiapan sekolah itu melaksanakan pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Berikutnya jika dinilai telah siap dan memenuhi syarat maka Disdikbud Palu berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Palu agar diusulkan kepada Wali Kota Palu.

“Izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka diberikan oleh Wali Kota Palu dan pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan secara bertahap,” katanya.*

Oleh : Muhammad Arshandi
Editor : Erafzon Saptiyulda AS