Pemkot Serahkan Dana Perbaikan Rumah Korban Kebakaran di Soabali

by
Walikota menyerahkan bantuan uang tunai bantuan perbaikan rumah bagi warga korban kebakaran di Soabali Ambon, Sabtu (24/6). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyerahkan dana bantuan stimulan perbaikan rumah warga akibat kebakaran di kawasan Soabali Kelurahan Silale  Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon beberapa waktu lalu.

Bantuan ini diserahkan langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada para korban yang berlangsung  di  Soabali pada  Sabtu (24/6).  Walikota  yang ditemani Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru dan  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kota Ambon Enrico Matittaputy itu memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai.

Setiap pemilik  rumah yang rusak dan terbakar mendapatkan bantuan senilai Rp 10 juta dari Pemkot Ambon. Richard mengatakan, sebagai mahluk yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, tentunya harus selalu berikhtiar agar terhindar dari bencana alam yang terjadi. “Kita tidak pernah tau bencana itu datang kapan, tapi kita harus tetap waspada terhadap bencana yang datang baik itu api, air, dan tanah longsor,” kata Walikota  Richard.

Menurutnya berdasarkan  ketentuan, bencana dengan  jumlah di atas 30 kepala keluarga  (KK) itu menjadi tanggungjawab dari Kementerian Sosial RI. Dan kalau dibawah itu menjadi tanggung jawab Pemkot itu. Karena jumlah KK yang mengalami kebaran di Soabali tidak lebih dari itu, maka seluruhnya menjadi tanggungjawab Pemkot.

Walikota menyatakan, bantuan uang ini  adalah komitmen dan kepedulian  kepada keluarga yang mengalami musibah kebaran tersebut. “Secara jumlah ini tidak seberapa tetapi dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkot Ambon adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada rakyat yang mengalami musibah bencana,” katanya.

Menurut Walikota, bantuan ini adalah bentuk empati pemerintah kepada masyarakat, dan masyarakat harus selalu berdoa agar Kota Ambon  ini bisa terhindar dari bencana apapun, sehingga seluruh masyarkat bisa hidup dengan penuh suka cita dan kedamaian. Dan bantuan ini sengaja diserahkan saat warga korban kebakaran  hendak  memasuki Hari Raya Idul Fitri agar warga bisa berlebaran dengan baik.

“Idul Fitri bukan hanya kebahagian Umat Islam saja melainkan kebagiaan seluruh umat beragama yang ada di Kota Manise ini,” kata  Walikota Richard.Sebelumnya, Pemkot Ambon juga telah memberikan bantuan kepada korban bencana kebakaran di kawasan Kapaha Ambon. (IAN)