Pemkot Tidore Kepulauan Kembangkan Program Prioritas Pangan Jajanan Berbasis Komunitas

by
Pemkot Tidore Kepulauan, mengajak Balai Pengawasan Obat (NPOM) Sofifi untuk melaksanakan advokasi terpadu Desa Pangan Aman, pasar pangan aman yang berbasis komunitas dan pangan jajanan untuk dikomsumsi oleh anak usia sekolah (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, TIDORE,- Pemerintah Kota (Pemkot)  Tidore Kepulauan (Tikep) mengajak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sofifi untuk melaksanakan advokasi terpadu Desa Pangan Aman, pasar pangan aman yang berbasis komunitas dan pangan jajanan untuk dikomsumsi anak usia sekolah.

Wali Kota Tikep,  Ali Ibrahim dihubungi  dari Ternate, menilai kegiatan BPOM  di bidang keamanan pangan yang berbasis masyrakat sudah lama dilaksanakan sejak  2014, yaitu program Desa Pangan Aman, Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, serta Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman.

Program tersebut, kata Ali , dimaksudkan kegiatannya melalui Germas disebut Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadae Pangan dan Aman yang dilluncurkan pada  2017..

“Kegiatan Germas SAPA saat itu, dikoordinir  oleh bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, sebab program itu tercantum di dalam RPJMD 2020-2024,” katanya.

Selain itu, terkait dengan kegiatan BPOM, Ali menjelaskan, sudah ada intervensi tiga program nasional yang menjadi prioritas di Kota Tikep dan mengapresiasi kegiatan pada 2021  bisa berdampak secara menyeluruh, baik dari pemasokan maupun kebutuhan keamanan pangan.

“Kami berharap tetap membangun koordinasi dan kerja sama yang baik  agar terus ditingkatkan dengan tujuan tercapainya kesehatan masyarakat, dan peningkatan kualitas SDM,” tandas Ali. .

Sementara itu, Kepala Balai POM Sofifi melalui Kasubbag Tata Usaha Muhazir S Panti menyatakan, dengan adanya program Desa Pangan Aman, program Pasar Pangan Aman yang Berbasis Komunitas, serta pangan jajanan yang dikonsumsi anak usia sekolah, prinsipnya masyarakat desa harus mandiri, maupun komunitas sekolah dan pasar mampu menjamin pemenuhan kebutuhan di semua masyarakat.