Pemkot Tual Akan Hibabkan  Lahan Seluas 21 Hektar  Untuk Pelabuhan  

by
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama pejabat daerah di Pelabuhan Tual pada Mei 2017. DOK : (TERASMALUKU.COM)

 

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Pemerintah Kota (Pemkot) Tual dalam wakatu dekat ini  akan menghibahkan lahan  seluas 21 hektar untuk  Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Tual (UPP) Tual.  Dengan hibab lahan tersebut, Kementerian Perhubungan akan memperluas kawasan pelabuhan  untuk pembangunan  berbagai infrastruktur.

Kepala  Kantor UPP Laut Tual  Arifai menyatakan, wilayah Pelabuhan Laut Tual belum memiliki status kepemilikan oleh Kantor UPP Laut Tual. Hal ini menyebabkan program pengembangan infrastruktur sering terkendala, karena status areal pelabuhan masih di tangan Pemkot Tual.

“Namun dalam waktu dekat ini Pemkot Tual akan menghibabkan tanah seluas 21 hektare untuk UPP sehingga kedepan pembangunan infrastruktur tidak terkendali lagi,” kata Arifai, Sabtu (26/8).

Arifai menyatakan, saat kedatangan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi  di Tual pada Mei 2017, telah disampaikan  terkait kepemilikan  kawasan Pelabuhan Yos Saudarso Tual masih milik Pemkot, sehingga sulit untuk dikembangkan.

Menurut Arifai, setelah kunjungan Menteri Budi itu,  pihakya melayangkan surat ke  Pemkot Tuat terkait hal itu.  Dan  menurut Arifai, surat tersebut telah dibalas Pemkot Tual  dengan respon positif.  “Inti surat tersebut, Pemkot Tual akan menghibahkan lahan yang sampai saat ini belum diserahkan kepada otoritas pelabuhan laut,” jelas Arifai.

Ia juga mengungkapkan, sertifikat kepemilikan pelabuhan  yang menjadi kendala pengembangan Pelabuhan Yos Sudarso Tual, saat ini telah diurus Badan Pertanahan Nasional (BPN).  Dan jika sudah selesai maka Walikota Tual akan menyerahkannya  kepada Kementerian Perhubungan RI.

“Kapan lahan tersebut dihibahkan tergantung pengurusan sertifikat di BPN. Jika telah selesai maka Pemkot Tual akan menyerahkan  kepada Kementrian Perhubungan,” kata Arifai.

Ia menyatakan, jika telah dihibahkan maka dengan sendirinya pihak Otoritas Pelabuhan Laut Tual  dapat mengembangkan Pelabuhan Tual itu, baik dermaga, jalan, lahan konteiner, serta infrastruktur pendukung lainnya.

“Luas lahan  yang akan dihibahkan  tersebut cukup ideal untuk areal pelabuhan beserta lokasi konteiner, dan sudah barang tentu apa yang kami upayakan saat ini untuk membangun Kota Tual dan mensejahterakan masyarakat Tual,” kata Arifai. (AS)