Pemprov Maluku Peringati 199 Tahun Pahlawan Martha Cristina Tiahahu

by
Gubernur Maluku Said Assagaff menjadi inspektur upacara memperingati 199 tahun perjuangan Pahlawan Nasional Martha Cristina Tiahahu, Senin (2/1).

TERASMALUKU.COM,AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memperingati 199 Tahun perjuangan  Pahlawan Nasional  Martha Cristina Tiahahu, yang dipusatkan di monumennya  di kawasan Karang Panjang Ambon, Senin (2/1). Bertindak selaku inspektur upacara adalah Gubernur Maluku Said Assagaff, dengan peserta upacara TNI/Polri dan aparat sipil negara (ASN). Hadir dalam upacara ini Wagub Maluku Zeth Sahuburua, Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan pejabat TNI/Polri lainnya.

Dalam sambutannya, gubernur menyatakan jiwa  patriotisme nasionalisme yang dipertaruhkan pahlawan Martha Cristina Tiahahu dalam mengusir kaum  penjajah  harus dicontohi masyarakat dan bangsa Indonesia, terutama masyarakat Maluku. Nilai – nilai perjuangan dan keberanian Martha harus terus diwarisi generasi  di Maluku. “Pahlawan Nasional Martha Cristina Tiahahu, adalah sosok  pejuang  perempuan pertama di Indonesia  yang  pemberani dalam mengusir penjajah, ia turun langsung mengusir penjajah. Jiwa patriotisme, nilai – nilai perjuanganya harus terus diwarisi generasi kita,” kata gubernur.

loading...

Martha Cristina Tiahahu adalah Pahlawan Nasional perempuan pertama yang gugur di medan perang saat melawan penjajah Belanda pada 2 Januari 1818. Jasadnya saat itu dibuang ke Laut Banda dan namanya kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 1969. Marta lahir di Desa Abubu Pulau  Nusa Laut pada 4 Januari 1800,  sejak berusia 17 tahun ia sudah mengangkat senjata melawan penjajah Belanda.

Ia menopang perjuangan ayahnya Paulus Tiahahu dalam mengusir penjajah, hal ini menyelipkan nilai- nilai  soliditas dan solidaritas antara anak dan orang tua,  anak meneruskan perjuangan orang tuanya. Dalam peringatan ini, gubernur bersama Muspida Maluku meletakan karangan bunga di tugu pahlawan nasional itu. Setelah itu, gubernur dan rombongan menabur bunga di Lantamal IX Ambon.  (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *