Pemprov Malut Usulkan Rp1 Triliun Bangun Infrastruktur LIN ke Pemerintah Pusat

by
Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Maluku Utara (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM,TERNATE,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut), menyatakan, untuk menunjang proses pembangunan infrastruktur dasar Lumbung Ikan Nasional (LIN) untuk tiga daerah di daerah itu mengusulkan Rp1 triliun ke pemerintah pusat.

“Kami telah melakukan hitungan dan mengusulkan Rp1 triliun ke pemerimtah pusat untuk  pembangunan infrastruktur dasar penunjang LIN, ” kata Sekda Malut, Samsuddin A Kadir di Ternate, Rabu.

Dia menyatakan, Pemprov Malut belum tentu bisa menghabiskan dana sebesar Rp1 triliun, kalau dalam perencanaannya bisa dikelola secara baik.

Sehingga, Pemprov Malut harus fokus memperluas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di 10 kabupaten/kota. Tujuannya, memudahkan para nelayan dari luar Malut pun bisa mendaratkan hasil tangkapannya di daerah ini.

Dia merujuk, jika nelayan Sulawesi Utara yang mendapatkan  izin beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) yang sama, tetapi tidak bisa mendaratkan ikannya di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, karena PPI di sana sudah surplus atau tidak bisa lagi menampung hasil tangkapan, makanya perlu membangun PPI yang lebih besar.