Pempus Siap Berikan Ribuan Ternak Jika Maluku Sediakan 50ribu H Lahan

by

kilasmaluku.com- Pemerintah pusat siap menawarkan ribuan ekor ternak ke Maluku sebagai upaya peningkatan produksi ternak lokal.  Saratnya, Maluku harus mampu menyediakan 50ribu hektar lahan untuk kawasan pengembangan.

“Ia, Presiden sampaikan, kalau kita bisa siap lahan seluas itu, dia akan datangkan puluhan ribu ternak ke Maluku. Hal ini dimaksud supaya peternakan di Maluku bisa berkembang dan maju,” ungkap Gubernur Said Assagaff kepada wartawan, Selasa (24/2).

Menurut gubernur, dari 11 kabupaten/kota di Maluku, Pulau Seram dianggap paling tepat untuk membangun usaha peternakan. Selain masih memiliki luas lahan daratan yang sangat besar, juga kondisi cuaca di Pulau Ibu ini dianggap sangat tepat untuk kehidupan hewan ternak.

“Kalau jenis hewan ternaknya bermacam-macam, bukan hanya seputar sapi atau kambing saja. Tetapi jenis unggas dan lainnya. Dan ini adalah janji presiden kepada kita rakyat Maluku,” ujarnya.

Dikatakan, sebagai wilayah yang memiliki potensi perluasan kawasan baik untuk pertanian, perkebunan hingga peternakan, Provinsi Maluku mempunyai kemampuan dalam pengembangan peternakan untuk lebih kompetitf.

“Ternak di Maluku yang menjadi potensi masa depan bagi daerah ini adalah kerbau moa di Kabupaten Maluku Barat Daya. Jika sektor ini dilirik oleh Pempus, saya yakin Maluku akan semakin maju dalam segi perikanan maupun pertanian, perkebunan dan perternakan,” tandasnya. (Yanto Samangun)