Pemuda Fidafot Apresiasi Program Pemkot Tual

by
Dadi Rahanyamtel

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Program Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat  Pemerintah Kota (Pemkot) Tual membangun kampung pelangi, kampung merah putih dan kampung biru putih dengan merenovasi rumah warga  mendapat apresiasi warga Fidafot Kota Tual.

Seorang pemuda  Fidafot Kota Tual Dadi Rahanyamtel mengungkapkan, program Pemkot Tual terkait Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman, dalam merenovasi rumah merupakan program kreatif, inovatif untuk menata dan membangun pemukiman warga di   Kota Tual agar  lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimaksih kepada Pemerintah Kota Tual dalam hal ini Walikota Tual yang sudah melakukan terobosan baru di wilayah ini, tidak seperti daerah lain, hanya merenovasi beberapa rumah, tetapi renovasi ini dilakukan secara besar-besaran,” kata Rahanyamtel kepada pers, Sabtu (27/1).

Ia mengungkapkan adanya isu miring terkait program tersebut, itu  karena warga tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi baik kampung pelangi, merah putih maupun kampung biru putih. Untuk diketahui, dana untuk program ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat secara langsung.

Dan  sebelum program   direalisasikan  ke masyarakat,  Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tual melakukan sosialisasi tentang program pemerintah yang menyentuh langsung dengan masyarakat di wilayah Kota Tual itu.  Dan renovasi atau bedah  rumah itu  ada tingkatan-tingkatan rumah yang rehab. Mulai dari rehab ringan, sedang dan rehabt berat.  Karena itu menurut Rahanyamtel dalam melakukan program  rehab tersebut ada rumah yang menggantikan atap sengya secara keseluruhan, ada juga  hanya sebagian.

loading...

“Ini bukan kesalahan dari Dinas terkait atau kontraktor, tetapi sudah direncang oleh konsultan perencanaan dan sebelum pekerjaan berjalan, kami masyarakat sudah didata oleh   konsultan  dan menghitung rumah yang akan direnovasi berdasarkan kondisi rumah,” tandas Rahanyamtel.

Menurutnya, dalam pendataan itu masyarakat menginginkan agar semua rumah diganti. Namun karena keterbatasan dana hanya sebagian saja yang mendapat program tersebut. “Dan kami sangat memaklumi niat baik pemerintah. Olehnya itu  kami berharap kepada Pemerintah Kota Tual dan DPRD agar kiranya kedepannya dalam pembahasan APBD terkait dengan renovasi rumah itu harus ada pengertian baik Pemkot dan DPRD untuk mengalokasikan dana untuk melanjutkan program ini,” katanya. (AS)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *