Pemuda Waringin Pintu Siap Tes HIV-AIDS

by
Epeng Pattiapon bersama AMGPM Ebenheizer Waringin Pintu Halong Ambon, Kamis (30/1/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Setelah berinteraksi selama kurang lebih 90 menit, pemuda Waringin Pintu Halong Ambon yang terhimpun dalam wadah Angkatan Muda GPM Ranting Ebenhaizer menyatakan kesediaan untuk tes HIV-AIDS. “Kami ingin pastikan pemuda bebas HIV-AIDS,” ungkap Wilan Manuputty, Ketua AMGPM Ranting Ebenhaizer, Kamis (30/1/2020).

Sebelumnya, Kamis tepat pukul 20.00 sampai 21.30 WIT bertempat di Gedung Gereja Waringin Pintu, sekira 30 pemuda yang didampingi Majelis Jemaat melakukan diskusi bersama Arman Herman Epeng Pattiapon (59 tahun).

Herman adalah penyuluh lapangan HIV-AIDS yang sudah 20 tahun labih berkiprah  di Medan terkait advokasi isu HIV-AIDS. Pria asal  Hutumuri Ambon ini mengisi masa liburnya di Ambon dengan berbagi bersama para pemuda. Sebelumnya ia telah melakukan hal yang sama bersama pemuda Abubu di Nusa Laut, Maluku Tengah.

Menurutnya, masalah HIV-AIDS merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi masyarakat bahkan bangsa-bangsa saat ini. Para pemuda mesti mengetahui proses penyebaran virus HIV dan mereka jangan sampai menjadi korban. Perilaku seks bebas sangat berpotensi menyebabkan tertular HIV-AIDS.

“Masa muda itu masa yang penuh ujian, jika pemuda tidak kuat, ia bisa jatuh dalam pencobaan,” ungkap lelaki yang akrab dipanggil Epeng itu. Ia juga menyebutkan bahwa potensi penyebaran HIV itu umumnya melalui kontak seks yang tidak aman (sehat), selain melalui jarum suntik, dan lainnya. Ia mengajak pemuda agar tidak menjauhi orang yang kena HIV-AIDS. “HIV tidak tertular dengan berpelukan misalnya. Oleh sebab itu kita jangan menjauhi orang dengan HIV-AIDS,” tegasnya.

Epeng menyatakan rasa senang dengan antusiasme pemuda Waringin Pintu. Bahkan ia sangat surprise ketika di akhir acara para pemuda Waringin Pintu dengan kompak menyatakan kesediaan memeriksa HIV. “Ini sebuah kesadaran luar biasa dari para pemuda, tinggal pemerintah atau aktivis  HIV-AIDS memfasilitasi  hal tersebut” pungkas Bung Epeng.

Epeng menegaskan bahwa hasil pemeriksaan itu tidak diumumkan terbuka melainkan tetap menjaga kerahasiaan tiap individu. Dokter Ritha Tahitu, Direktur RSUD Dr Haulussy Ambon ketika dikonfirmasi terkait rencana pemeriksaan ini menyatakan akan berkoordinasi dengan klinik rumah sakit.

Di tempat yang sama Penatua Nelly Manusiwa-Saiya selaku Wakil Ketua Majelis Jemaat GPM Waringin Pintu menyampaikan terima kasih kepada fasilitator dan mengapresiasi para pemuda yang  berkomitmen mengatasi penyebaran virus HIV-AIDS. Hal senada diaminkan Penatua Petriks Solissa yang mendampingi pelayanan pemuda Waringin Pintu. (Rudy Rahabeat)