Pendaki Asal Maluku Siap Menembus Puncak Tertinggi Indonesia

by

AMBON-Pendaki asal Maluku yang tergabung dalam komunitas pecinta alam Perhimpunan Kanal Ambon, Handoko (39) siap menembus puncak tertinggi Indonesia, pegunungan Jaya Wijaya, puncak Cartens Pyramid dengan ketinggian 4.884 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL). Puncak Cartens ini juga merupakan salah satu puncak tetinggi di dunia.

Handoko saat dihubungi Terasmaluku.com melaluli selulernya, Sabtu (7/1) mengatakan, untuk mendaki puncak tertinggi di Indonesia ini butuh persiapan yang sangat matang. Karena gunung ini memiliki jalur yang sangat ekstrim dibandingkan dengan gunung yang lain.”Saya melakukan persiapan untuk mendaki Cartens Pyramid sudah sejak jauh hari, minimal persiapan dari 1 bulan sebelum keberangkatan,” kata Handoko.

Lebih lanjut, ia menjelaskan persiapan dimulai dari mencari informasi tentang gunungnya. Setelah itu, mencari perlengkapan dan peralatan gunung es karena puncak Cartens Pyramid memiliki karakter gunung es. “Semua perlengkapan dan latihan fisik sudah saya lakukan untuk mendaki. Saya sudah siap untuk melakukan pendakian ini,” katanya. Pendakian tersebut, kata dia, akan dimulai dari Desa Sugapa dan melewati berbagai desa di pedalaman Papua. Sebelumnya dia telah mendaki 4 puncak tertinggi di Indonesia yakni Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Latimojong, Gunung Binaiya. Setelah pendakian ini tersisa dua gunung lagi takni Gunung Bukit Raya dan Gunung Semeru untuk mencatatkan namanya sebagai orang Maluku pertama yang mencapai 7 gunung tertinggi di Indonesia. (IAN)