Penentuan 1 Ramadan 1441 H Tunggu Sidang Isbat, Hilal Terhalang Awan Tebal

by
Penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah di kota Ambon menunggu hasil sidang isbat lantaran pantauan hilal di Ambon terhalang awan tebal, (23/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah di Kota Ambon terhalang awan tebal. Pengamatan yang berlangsung pada Kamis (23/4/2020) petang pukul 18.25 WIT tidak membuahkan asilo dan menunggu hasil sidang isbat.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Andi Azhar Rusdin menjelaskan pengamatan hilal kali ini dipengaruhi cuaca yang kurang bersahabat. Menurutnya cuaca Ambon saat ini cukup cerah namun banyak awal tebal yang menutupi bulan.

(kanan) Plt Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis bersama tim BMKG Ambon dan pihak terkait saat memantau hilal di kalasan Karang Panjang

“Yang jadi faktor pengganggu itu awan. Cerah berawan, dominan berawan,” jelas Andi di lokasi pantau hilal di kawasan Patung Christina Marta Tiahahu, Karang Panjang, Ambon.

Loading...

Dia menjelaskan penentuan hilal didasari pada posisi bulan yang berada di selatan atas matahari. Durasi pantau sore tadi berlangsung selama 15 menit dari pukul 18.25 hingga 18. 40 WIT. Dengan prediksi ketinggian 3 derajat, 3 menit 57 detik. “Penentuan hilal kali ini sudutnya lebih kecil dari sebelumnya. Dihitung dari batas ufuk pantai ke horizon,” imbuh Andi sesaat sebelum pemantauan hilal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis yang juga hadir di situ juga menjelaskan hal tersebut. “Dari pantauan hilal tidak tampak karena cuaca yang kurang bagus,” terang Jamaludin usai melihat hilal.

Untuk itu pihaknya bakal menunggu hasil siding isbat yang digelar nasional. Penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah atau hari pertama puasa akan dikaji dari data pantauan hilal provinsi lain. Dari situ, barulah akan diumumkan kapan tanggal pertama bagi umat muslim berpuasa.

Pengamatan hilal kali ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya pengamatan hilal dilakukan di Desa Wakasihu Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah. Sejak pandemi corona ada pembatasan ruang gerak warga. Untuk itu pengamatan kali ini digelar di Kota Ambon. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *