Penerimaan Anggota Polri, Polda Maluku Tegas Terapkan Sistem BETAH 

by
Polda Maluku menggelar dialog tentang pelibatan pengawasan eksternal sebagai upaya menciptakan sistim penerimaan yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (Betah) di Kantor RRI Stasiun Ambon, Selasa (6/4/2021). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepolisian Daerah Maluku menggelar dialog terbuka, tentang pelibatan pengawasan eksternal sebagai upaya menciptakan sistim penerimaan yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (Betah).

Dialog yang berlangsung di Kantor RRI Stasiun Ambon, Selasa (6/4/2021) ini menghadirkan empat narasumber. Mereka adalah AKBP Akhmad Qadar Ginting, mewakili kepala Biro SDM Polda Maluku, KONI Provinsi Maluku, J Haumasse, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Husen dan Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon Selly Haurissa.

Akhmad Qadar menyampaikan, sejak lama Polda Maluku sudah mengedepankan prinsip Betah dalam penerimaan anggota Polri baik kepada panitia penerimaan maupun peserta seleksi.

“Dari jauh hari Polda Maluku sudah mengedepankan prinsip Betah kepada para peserta yang akan mendaftar hingga proses perangkingan hasil seleksi,” kata Akhmad dalam siaran pers Humas Polda Maluku.

Penerapan prinsip Betah dapat dibuktikan dengan hasil seleksi dilaksanakan di pertanggung jawabkan sesuai fakta. Bahkan hasilnya terbuka untuk siapapun.

“Setiap peserta yang akan mendaftarkan diri sebagai anggota Polri wajib memenuhi persyaratan umum. Untuk penerimaan anggota Polri yang bertugas pada bidang khusus akan menyesuaikan dengan persyaratan khusus,” terangnya.

Polda Maluku juga melibatkan pihak eksternal dalam pelaksanaan seleksi anggota Polri. Pelibatan pihak eksternal diantaranya Dinas Kependudukan Kota Ambon, KONI Maluku dan pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon, untuk membantu proses seleksi yang baik.

“Untuk Polres jajaran sendiri para pendaftar dapat mendaftarkan diri ke Polres terdekat sehingga data dan administrasinya dapat di akomodir dan di seleksi oleh panitia yang ada dan selanjutnya nanti akan di kirim ke Polda,” jelasnya.