Penghasilan Dibawah Rp 54.000.000 Pertahun Bebas Pajak

by

AMBON-Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon La Masikamba menyatakan, penghasilan wajib pajak  dibawah Rp.54.000.000 pertahun, masuk kategori Penghasilan Tidak Kena Pajak  (PTKP). Itu berarti wajib pajak tidak harus membayar pajak namun   wajib mengisi dan melaporkan SPT(Surat Pemberitahuan Tahunan) nya ke KPP Pratama Ambon.

“PTKP ini dikenakan bagi orang per orang dengan nominal penghasilan di bawah Rp.54.000.000. Namun wajib mengisi dan melaporkan SPT nya secara tepat waktu,jelas, benar dan lengkap.Karena tidak sekonyong-konyongnya orang dikenakan pajak,” kata La Sikamba kepada wartawan usai Deklarasi dan Peresmian Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pratama Ambon Selasa (28/02).

Bersamaan dengan kegiatan ini juga dideklarasikan program gerakan Maluku Sadar Pajak Nasional. Program ini menggugah kesadaran dan Manggurebe Maju wajib pajak di Maluku dalam mengisi keuangan negara melalui pajak.  “Inti gerakan Maluku sadar pajak nasional adalah manggurebe maju.Membutuhkan kesadaran semua orang dalam mengisi keuangan negara melalui pajak untuk membangun Maluku secara bersama-sama,”tutur La  Sikamba.

Dirinya menambahkan, peranan pajak di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kurang lebih 76 persen atau setara 1.307 triliun.Target itu bukan karena pindah angka tetapi bagaimana ada penghasilan setiap wajib pajak   yang dapat dilaporkan dalam SPT nya.(DED)