Pengobatan Gratis, Pemprov Maluku Kirim Tenaga Kesehatan ke Daerah Terpencil 

by
Sekda Maluku Kasrul Selang melepas pengiriman tenaga kesehatan ke daerah terpencil di Maluku Barat Daya dari Dinas Kesehatan Maluku, Kamis (10/6/2021). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mengirimkan 21 tenaga tenaga kesehatan, dokter dan perawat di desa terpencil wilayah  Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Hal ini dilakukan karena masih banyak daerah terpencil di wilayah itu yang warganya belum menerima pelayanan kesehatan secara maksimal.

Sekda Maluku Kasrul Selang melepas pengiriman 12 tenaga kesehatan ke wilayah MBD yang berlangsung di Dinas Kesehatan Maluku, Kamis (10/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh mengatakan, tenaga medis yang dikirimkan ke daerah terpencil ini merupakan program pelayanan kesehatan bergerak dari Pemprov Maluku.

Sehingga pelayanan kesehatan ini ditujukan kepada masyarakat yang tersebar di pulau pulau terpencil wilayah Maluku.

“Kita buat pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di daerah terpencil,” kata Pontoh.

Menurutnya, pemerintah melakukan program pelayanan kesehatan di daerah terpencil, karena letak geografis Maluku yang merupakan daerah kepulauan.

Sehingga banyak sekali masyarakat yang tinggal di pulau terpencil yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Pontoh menyebutkan, Provinsi Makulu terdiri dari 1.340 pulau, sehingga berdasarkan instruksi Gubernur Maluku pelayanan kesehatan harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di Maluku, baik di pulau terpencil maupun perkotaan.

“Jadi kita melayani kesehatan bukan untuk masyarakat di kota saja, pelayanan kesehatan juga harus bisa dirasakan oleh masyarakat di desa terpencil,” ujarnya.

Dia mengaku, selain melakukan pelayanan kepada masyarakat, para dokter juga melatih para tenaga medis di daerah terpencil itu untuk merawat pasien sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. (ALFIAN)