Pengobatan Massal Digelar di Malra Dalam Rangka TMMD Ke-105 Kodim 1503/Tual

by
Dandim Tual memantau pengobatan massal dalam rangka TMMD ke 105

TERASMALUKU.COM,-MALRA-Jajaran Kodim 1503/Tual menggelar pengobatan massal di Balai Desa Ohoider Tawun Atas, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Selasa (23/7/2019). Kegiatan dalam rangkaian Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim Tual ini disambut baik masyarakat setempat.

Dandim Tual memantau pengobatan massal

 

Pengobatan massal diawali dengan penyuluhan kesehatan oleh Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, Adung Krisnandito, tentang perilaku hidup sehat yang diawali dari diri sendiri, orang lain dan lingkungan, terutama dalam hal pembuatan WC, dengan tidak buang hajat di sembarang tempat maupun di Pantai atau Sungai,

“Bukan hanya mencemari lingkungan, tetapi membuatnya menjadi sarang penyakit, karna membuang kotoran di sembarang tempat dapat menyebabkan berbagai macam sumber penyakit,” katanya.

Penyuluhan Kesehatan selanjutnya oleh Kepala Dinas Kesehatan dokter Ketti Notanubun M.Kes, tentang bahaya HIV/AIDS dan stanting, serta akanan bergizi yang sangat baik bagi kesehatan.

Setelah itu , kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh Tim kesehatan terhadap masyarakat yang hadir dalam kegiatan Pengobatan Massal, yaitu Pemeriksaan Tensi Darah Tinggi, Pemeriksaan Darah termasuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah, serta pemeriksaan umum lainnya.

loading...

Komandan Satgas TMMD 105 Kodim 1503/Tual, Letkol Arh Yoyo Karyo, S.I.P, Mtr.(Han) memantau langsung kegiatan ini. Ia mengharapkan, dengan pengobatan massal ini, masyarakat dapat terbantu walau tidak semaksimal yang diinginkan, tetapi minimal dapat sedikit meringankan beban dari sisi kesehatan.

“Kami hadir bergandengan dengan tim kesehatan dari kesatuan masing-masing, juga kolaborasi dengan dinas teknis, berharap dapat memberikan kepada masyarakat suatu pelayanan yang baik, dengan harapan dapat membantu mereka dalam pengecekan kondisi kesehatan, walau tidak bisa semaksimal yang diperlukan, minimal bisalah untuk sosialisasi serta pengecekan awal, selanjutnya akan menjadi urusan dan tanggung jawab dinas kesehatan setempat,” kata Dandim.

Hadir dalam kegiatan Pengobatan massal ini, unit Polkes Kodim 1503/Tual, Peltu Rudi Samaun, Serka Bambang dan Koptu Gede, Unit Polkes Lanud Dumatubun Langgur, Letda dr. Rifwan dan Serda Alexander, Unit Puskesmas Kolser dr. Heni Hendrawati dan 5 Perawat, dr. Angel dari Unit Puskesmas Ibra, serta Ahmad Ingratubun dan Rizal Ririhena dari unit Dinas Kesehatan Kabupaten. Maluku Tenggara.(ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *