Penumpang KM. Sanus 34 Terkonfirmasi 49 Orang Positif Covid-19

by

TERASMALUKU.COM,AMBON – Sebanyak 49 orang penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 positif covid-19. Mereka yang diperiksa itu merupakan penumpang dengan tujuan Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), dan Maluku Barat Daya (MBD).

Ttoal keseluruhan penumpang yang ada  yaitu 239 orang. Hal itu dipastikan langsung Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang. Dia menyatakan pemeriksaan spesimen swab 239 penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 rampung dan hasilnya puluhan positif.

“Dari 239 swab yang diperiksa di Ambon, 49 penumpang positif,”ungkapnya saat dikonfirmasi di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (10/9/2020). Hanya, rincian masing-masing penumpang mana saja yang positif belum disebutkan Kasrul.

Sementara itu dihubungi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Andre Gunawan menyampaikan hingga saat ini  pihaknya belum menerima laporan adanya tambahan penumpang yang dinyatakan positif.

“Sampai saat ini kita belum terima laporan dari Provinsi. Karena kan kemarin (Rabu 9 September) yang kita sudah terima itu baru hasil pemeriksaan 205 swab. Dari 205 itu, 40 penumpang dinyatakan positif yangterdiri dari 28 penumpang yang turun di Saumlaki, KKT dan 12 penumpang yang tujuan MBD,”tandasnya.

Loading...

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Andre Kurniawan mengatakan 205 spesimen swab penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 sudah diketahui hasil pemeriksaannya di Ambon. Hasilnya 40 penumpang terkonfirmasi positif terpapar virus corona atau covid-19.

Dari 40 penumpang positif itu, 28 penumpang turun di Pelabuhan Saumlaki, ibukota KKT. Sedangkan 12 lainnya merupakan penumpang tujuan Maluku Barat daya (MBD).  Dengan positif 28 penumpang tersebut, maka KKT yang selama ini bebas dari covid-19 kini jebol.

“Dari 248 penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 yang diswab, hasil swab yang sudah kami terima 205. Dari 205 ini, 40 terkonfirmasi positif, rinciannya 28 penumpang turun di KKT dan 12 penumpang yang turun MBD,”jelas Andre saat dikonfrimasi via seluler Rabu (9/9/2020) malam.

Sementara sisa 43 spesimen swab penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 masih diperiksa di Ambon. Andre mengatakan 28 penumpang yang turun di Saumlaki tersebut telah dilakukan karantina di sejumlah lokasi. Yakni di Puskesmas Lorulun, Kabiarat dan Omole. “Jadi tim penanganan sudah melakukan pemisahan terhadap 28 penumpang positif agar tidak berkumpul-kumpul sehingga penularan jadi lebih besar,”sambungnya.

Menurut Andre,  pemerintah KKT tidak ingin saling menyalahkan. Pihak Pemkab KKT kini lebih fokus untuk penanganan dan pencegahan covid-19 lebih lanjut. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *