Perangi Hoax, Gren Moluccan – Greeneration Foundation Ajari Pemuda Bermedsos

by
Gren Moluccan dan Greeneration Foundation menggelar sosial media for social good bagi pemuda di Ambon, Jumat (8/9) hingga Sabtu (9/9). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Maraknya Berita Hoax yang selalu terjadi selama ini di media sosial (Medsos)  meresahkan Gren Moluccan Greeneration Foundation. Kedua lembaga ini bekerjasama menggelar sosial media for social good bagi pemuda. Para pemuda diharapkan dapat mengkampanyekan sosial media dengan baik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari  Jumat (8/9) hingga Sabtu (9/9) di Aula RRI Ambon.

Ketua Gren Moluccas Iren Sohilait mengatakan, kegiatan ini untuk mengkampanyekan kepada seluruh masyarakat agar menggunakan Medsos  dengan baik. Bukan gunakan Medsos  sebagai penyebar hoax dan berita penyebar kebencian. “Kita hanya ingin membuat masyarakat Kota Ambon bisa menggunakan media sosial secara baik,apalagi saat marak berita hoax,” kata Iren kepada wartawan di Ambon, Jumat (8/9).

Menurutnya, saat ini masyarakat tidak menggunakan Medsos dengan baik lagi. Sehingga lewat kegiatan sosialisasi  ini, para anak muda diajarkan untuk memanfaatkan Medsos sebagai sarana yang baik. “Dalam kegiatan ini mereka akan diajarkan untuk bermedsos dengan baik yakni membuat video pendek, kampanyekan lingkungan dan  kesehatan,” katanya.

Sementara itu  Manager Projec Greeneration Foundation, Lidwina Marcella mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan di Ambon karena banyak anak muda yang aktif di sosial media. Selain itu anak muda di Kota Ambon sangat kreatif sekali. “Kita datang di sini karena pemuda di Ambon banyak gunakan sosial media,” katanya.

Ia mengungkapkan, para pemuda yang ikut akan mendapatkan pengetahuan tentang berita atau informasi hoax dan cara membedakannya.  Ia berharap, setelah kegiatan ini, para pemuda  bisa membedakan mana berita hoax dan berita yang benar. (IAN)