Percikan Api dan Kabel Putus, PLN Bakal Panggil Persuhaan TV Kabel

by
Petugas pemadam kebakaran yang bereaksi cepat padamkan api dari kabel TV Kabel yang melintas di atas gardu PLN, Jalan Ahmad Yani Kota Ambon, (2/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Kabel tv berlangganan putus dan mengahanguskan kabel listrik PLN yang berada di Gardu Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Ambon, Senin (2/3/2020). Percikan api yang keluar dari kabel diiringi suara yang kencang membuat pengguna jalan di kawasan itu sempat panik dan khawatir.

Kondisi jalan tepat di depan kantor Radio Republik Indonesia (RRI) sempat alami kemacetan lantaran banyak pengendara dan pejalan kaki yang berhenti untuk melihat api yang keluar dari kabel.

Petugas PLN yang sedang memperbaiki kabel putus dan pulihkan jalur listrik kawasan itu

Para petugas dari kantor berita itupun melihat kejadian saat pertama percikan api keluar dari kabel. Tak lama berselang, kabel putus sehingga menyebabkan kepanikan. Apalagi api masih tetap terlihat di ujung kabel yang menempel di ting gardu saat wartawan tiba di lokasi.

Tak seberapa lama satu unit mobil pemadam kebakaran datang lantas memadamkan api dari atas tiang gardu. Atas kejadian itu arus listrik di kawasan tersebut padam. Petugas teknis lapangan PLN yang datang langsung memeriksa kondisi gardu serta mengamankan jalur listrik.

Manager Komunikasi PT. PLN Unit Induk WilayahMaluku dan Maluku Utara, Ramli Malawat yang hadir di lokasi menjelaskan hal tersebut. “Ini ada kabel tv kabel yang putus. Kemungkinan bergesek dengan kabel PLN sampai keluarkan api. Saya sudah cek di rangkaian tidak ada masalah di situ, aman,” terang Ramli usai meninjau lokasi Senin, (2/3/2020) siang.

Ini merupakan kejadian yang pertama di Ambon. Kabel-kabel dari tv kabel biasanya dipasang melintas di atas kabel listrik. Hal ini yang bakal dikoordinasikan kembali dengan pihak penyedia layanan tv berlangganan.

Pihaknya bakal memanggil pihak perusahaan tv berlangganan untuk mencari solusi terbaik. sekaligus agar tidak terjadi kejadian serupa. Pasalnya ada banyak kabel yang melintas atau menumpang pada tiang PLN.Untuk saat ini gardu bertegangan rendah tidak mengalami ganguan yang serius. Hanya petugas lapangan tengah memperbaiki kabel yang rusak kemudian memulihkan aliran listrik di kawasan itu yang sempat padam. (PRISKA BIRAHY)