Perdalam Kualitas Penulisan, Bea Cukai Gelar Lokakarya Jurnalistik

by
Pelatihan jurnalistik kepada para staf Bea Cukai Ambon untuk tingkatkan kualitas penulisan (17/6). FOTO: Dok. Bea Cukai Ambon

TERASMALUKU.COM,AMBON,– Bea Cukai Ambon menggelar lokakarya peningkatan kualitas penulisan kepada para stafnya. Mereka dibekali dengan teknik dasar penulisan jurnalistik untuk hasilkan tulisan terbaik.

Selama ini proses kehumasan dan produksi rilis internal dinilai masih kurang kuat dan belum ada perkembangan signifikan. Untuk itu mereka berinisiatif memberi pemahan terkait gaya penulisan yang tepat sesuai kaidah jurnalistik.

Keberadaan media dianggap sebagai partner kerja sekaligus menyambung informasi kepada masyarakat. Untuk itu dirasa perlu para stafnya dibekali dengan kemampuan menulis yang tepat untuk menyajikan rilisan yang baik kepada awak media.

“Tulisannya kan selama ini begitu-begitu saja. Jadi bagaimana mereka bisa hasilkan tulisan berkualitas,” kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Kota Ambon Yanti Sarmuhidayanti saat membuka kegiatan Teknik Penulisan Jurnalistik dia aula kantor Bea Cukai Ambon Senin (17/6/2019).

 

loading...

Sebanyak sekitar 30 peserta lokakarya dibekali teknik dasar menulis serta pemilihan angle yang pas. Priska Birahy wartawan media daring Terasmaluku.com hadir sebagai pemateri. Angle atau sudut pandang pengambilan berita menjadi salah satu hal penting dalam penulisan.

“Angle adalah nyawa dari tulisan, bagi yang bukan jurnalis yang terpenting adalah dapat angle; bila mendapat angle yang tepat maka alur penulisan akan tepat,” kata Priska.

Menurut ia lagi, alur itu akan membantu nalar mereka dalam merunut peristiwa demi peristiwa sebelum ditulis. Setelah itu barulah hal selain seperti bagaimana membuat judul yang renyah, lead dan pentingnya foto untuk menunjang tulisan.

Usai memberikan materi selama hampir dua jam, peserta diberikan tes membuat judul dan lead. Dari situ diperolehlah dua orang peserta dengan kualitas tulisan yang cukup baik. Mereka ini, oleh Yani, rencanannya bakal diprospek untuk masuk dalam tim publikasi dan kehumasan Bea Cukai Ambon. (IAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *