Perdana, Maluku Ekspor Kepiting Bakau Ke Malaysia Dan Singapura

by
Maluku untuk kali pertama ekspor kepiting bakau langsung ke dua negera tujuan ekspor, Malaysia dan Singapura (12/1). FOTO: Alfian

TERASMALUKU.COM,AMBON-Pemerintah Provinsi dan Bea Cukai Maluku bersama UD. Putri mengekspor kepiting hidup jenis Bakau langsung dari Kota Ambon ke Malaysia dan Singapura. Ini merupakan kali pertama ekspor kepiting jenis ini ke luar negeri.

“Kegiatan ekspor langsung dari Maluku selangkah lebih baik lagi. Hari ini Sabtu, kita melepas ekspor perdana langsung dari Maluku,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan  Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano kepada wartawan di Kargo Bandara Patimura Ambon, Sabtu (12/1/2019).

Ia mengaku, ekspor yang dilakukan perdana ini merupakan komoditi perikanan non-ikan. Hanya kepiting hidup yang diekspor di dua negara tersebut. “Ini juga ekspor perdana komoditi perikanan non-ikan dengan berat 1,1 ton di dua negara tujuan itu,” ungkapnya.

Elvis mengatakan, hal Ini adalah awal yang baik, dan dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yakni Bea Cukai, Karantina dan Angkasa Pura. “Kita juga berterima kasih kepada UD. Putri karena sudah mau mengekspor kepiting langsung dari Ambon,” ujarnya.

Elvis menyebutkan, ekspor kepiting ini akan terus dilakukan secara rutin. Saat ini masih dilakukan dua Minggu sekali. Jika ekspor ini berjalan lancar, pihaknya mengupayakan ekspor seminggu dua hingga tiga kali. Menurutnya kepiting bakau cukup banyak bukan hanya di Malaysia dan Singapura saja, tetapi juga China.

“Hal ini kita terus kita dorong untuk bersinergi membantu mengekspor langsung dari Maluku. Kita semua kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas maka ekspor bangkit Maluku jaya,” harapnya. Semetara, Plh Kepala Bea Cukai Ambon, Santje Asbay mengatakan, pihaknya saat ini juga sedang melaksanakan fungsi untuk membantu dengan tujuan peningkatan ekspor di Ambon Maluku.

“Kami dari bea cukai saat ini sedang melaksanakan fungsi kami yakni membantu dengan tujuan peningkatan ekspor di Maluku,” jelasnya. Ia menambahkan, peningkatan ekspor di wilayah Maluku ini merupakan hasil kerja keras antar bea cukai dan instansi terkait sehingga muncul para eksportir baru. “Kami berharap di Tahun 2019 ini juga nanti akan muncul eksportir baru pada jenis lainnya,” katanya. (ALFIAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *