Perhimpunam Kanal Ambon Gendeng Siswa SMA Tanam Ratusan Mangrov

by
Perhimpunan Kanal bersama siswa-siswi SMA Negeri 9 Ambon menanam ratusan anakan Mangrov di Pesisir Pantai Kate-Kate Kecamatan Teluk Ambon, Senin (24/9). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perhimpunan Kanal Ambon bersama siswa-siswi SMA Negeri 9 Ambon menanam ratusan anakan Mangrov di Pesisir Pantai Kate-Kate  Kecamatan Teluk Ambon, Senin (24/9). Sebelum menanam anakan tersebut, siswa dibekali dengan materi perawatan Mangrov yang akan ditanam.

Ketua Umum Perhimpunan Kanal Ambon Budi Herman kepada Terasmaluku.com, usai penanaman Mangrov mengatakan, kegiatan penanaman ini merupakan program kerja dan juga sebagai suatu syarat dari anggota muda untuk dapat menjadi anggota penuh dalam organisasi ini.

“Ini adalah syarat untuk menjadi anggota penuh dalam organisai. Selain itu, menjadikan sekolah ini menjadi binaan dan setiap kegiatan lingkungan selalu terlibat,” kata Budi. Mangrov yang telah ditanam, kata Budi, akan selalu diperhatikan oleh anggota Perhimpunam Kanal Ambon dan para siswa.

Loading...

Sehingga tanaman ini bisa terawat dan tumbuh besar dan menjadi pelindung di kawasan pantai tersebut. “Kita dan para siswa dalam dua minggu sekali akan terus memantau perkembangan Mangrov tersebut. ada sekitar 200 tanaman Mangrov yang kita tanaman,” katanya.

Menurutnya, tanaman Mangrov itu sangat penting sekali dalam lingkungan hidup, karena tanaman tersebut sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan Mangrove mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

“Tanaman ini juga sangat berperang untuk dijadikan tempat berlindung ikan-ikan kecil dan berbagai biota laut lainnya,” ujar Budi. Ia berharap, tanaman Mangrov tersebut bisa tumbuh besar dan menjadi hutan Mangrov yang indah di kawasan pantai tersebut. Sehingga bisa juga dijadikan tempat wisata Mangrov nantinya.(IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *