Peringatan Hari Pattimura ke-201 di Taman Pattimura  

Peringatan Hari Pattimura ke-201 di Taman Pattimura  

SHARE
Peringatan Hari Pattimura ke-201 di Taman Pattimura Ambon, Selasa (15/5/2018) dini hari.

 

TERASMALUKU.COM,-AMBON – Di depan Patung Kapitan Pattimura, puluhan lilin dan obor dinyalakan. Taman Pattimura begitu syahdu dan haru, tatkala lagu-lagu bertema kebangsaan dikumandangkan.  Perwakilan umat dari lima agama, aparat keamanan, siswa-siswi SMP,  jajaran pemerintah serta warga Kota Ambon  memperingati Hari Pattimura ke-201 pukul 12.00 dini hari, Selasa (15/5/2018).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy bertindak sebagai pemimpin upacara sekaligus menyalakan obor Pattimura yang di tempatkan tepat di depan patung. “Perjuangan pahlawan Pattimura harus kita teruskan dan jaga,” kata Richard dalam sambutannya. Upacara peringatan itu juga mengingatkan generasi muda tentang kiprah Pahlawan Nasional itu.

Dalam upacara peringatan, Walikota Richard tak lupa menyilpkan pesan damai dari berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia. Insiden peledakan bom di gereja dan Mapolrestabe Surabaya juga mengetuk hati warga Indonesia. Penyalaan lilin pada peringata Hari Pattimura juga sebagai bentuk bela sungkawa, dan dukungan bagi warga Surabaya khususnya keluarga korban yang tak bersalah.

Usai melakukan peringatan di Taman Pattimura, perayaan dilakukan di Benteng Duurstede yang berlokasi di Saparua, Kabupaten  Maluku Tengah. Rombongan pemerintah dan warga yang ikut perayaan bertolak dari Pelabuhan Tulehu menggunakan kapal cepat.

Sementara di Negeri Hulaliu, Pulau Haruku, Maluku Tengah perayaan Hari Pattimura juga tak kalah meriah dilakukan. Rangakaian perayaan dimulai dengan mengunjungi makam Residen van den Berg hingga berakhir dengan serangkaian acara adat dan Tarian Cakalele di dalam negeri. (BIR)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...