Peringati HAN Dengan Buka Lapak Baca Untuk Anak- Anak di Ambon  

by
Anak-anak melukis dan mewarnai serta membaca yang digelar Komunitas Lapak Baca Semesta dan Lintas Sejarah di Tribun Lapangan Merdeka Ambon untuk memperingati HAN, Minggu (23/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2017. Seperti yang dilakukan Komunitas Lapak Baca Semesta dan Lintas Sejarah di Kota Ambon ini. Komunitas ini menggelar lapak baca untuk anak-anak secara gratis di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (23/7).

Selain membaca, anak-anak juga diajarkan melukis dan mewarnai. Puluhan anak ikut  kegiatan ini.  Koordinator Lapak Baca Semesta, Sarah Palembang mengatakan, kegiatan ini untuk  menyenangkan dan mengajarkan anak-anak  membaca, menggambar dan mewarnai. “Semoga dengan kegiatan ini dapat menyenangkan anak – anak di Kota Ambon,” kata  Sarah.

Sarah menyatakan, kegiatan  lapak membaca ini diharapkan dapat  meningkatkan minat baca bagi  masyarakat terutama anak-anak di  Kota Ambon. Karena menurutnya, tingkat baca masyarakat Kota Ambon sangat kurang. “Kita hanya mau meningkatkan minat baca bagi masyarakat Kota Ambon terutama bagi anak – anak, karena dengan membaca kita dapat melihat dunia yang luas,” katanya.

Ia juga mengatakan, buku-buku yang diperoleh untuk lapak baca ini dihasilkan dari koleksi pribadi dan sumbangan yang diberikan  sebuah toko buku ternama.  Selain saat HAN, Sarah juga menyatakan, kegiatan membaca seperti ini juga dilakukan oleh komunitasnya setiap hari Minggu.

Ia menyatakan tidak ada perhatian dari Pemerintah Provinsi Maluku  maupun Pemerintah Kota Ambon terkait hal ini. “Kami berharap pemerintah dapat melihat dan memperhatikan aktifitas seperti ini, karena sangat bermanfaat untuk mencerdaskan generasi Maluku,” katanya.(IAN)