Peringati Hari Air Sedunia, Perhimpunan Kanal Ambon Bersihkan Sungai Air Besar

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Peringati Hari Air sedunia, Komunitas Pecinta Alam Perhimpunan Kreativitas Anak-anak Alam (KANAL) Ambon membersihkan wilayah Sungai Air Besar, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Senin (22/03).

Pembersihan di fokuskan di sungai ini karena merupakan konsumsi dari masyarakat kota Ambon.

“Kita pembersihan sungai di Arbes ini karena arbes merupakan salah satu sumber air yang dikonsumsi oleh masyarakat kota Ambon,” kata Ketua Perhimpunan Kanal Maluku M. Azis Tunny kepada Terasmaluku.com usai Pembersihan di kawasan Arbes Kota Ambon, Senin (22/3/2021).

Dia mengaku, dalam pembersihan berbagai macam sampah ditemukan di sungai mulai dari sampah plastik, pempres bayi hingga sampah yang susah sekali terurai.

“Sebagai sumber air yang dikonsumsi oleh warga sampah tersebut sangat tidak baik,” kata Azis.┬áDia mengatakan, lokasi sungai ini juga sering dijadikan sebagai tempat mencuci maupun pemandian umum oleh warga, sehingga banyak sekali sampah yang berserakan.

Azis menyebutkan, dalam pembersihan tersebut mereka berhasil mengangkut ratusan kilo gram sampah plastik yang ditaruh dalam kantung plastik berukuran besar.

“Ada sebanyak 35 kantung plastik ukuran besar, semuanya berisi sampah yang hari ini kita angkut,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat bisa sadar untuk tidak membuang sampah di sungai, karena berdampak tidak baik bagi lingkungan sekitar.

Selain Pembersihan, Perhimpunan Kanal Ambon juga melakukan penanaman sebanyak 150 anakan pohon di daerah kawasan air besar. (ALFIAN SANUSI)