Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,Ratusan Anakan Sukun Akan Ditanam di Ambon

by

AMBON –Memperingati  hari  lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) yang jatuh pada  5 Juni  2016,  Badan Pengendalian  Lingkungan Hidup Provinsi  Maluku menggelar sejumlah kegiatan.

Diantaranya,   penanaman ratusan anakan pohon sukun di Desa  Kusu-Kusu Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Lokasi ini merupakan kawasan konservasi yang menjadi daerah  resapan air. Selain bernilai ekonomi, penanaman pohon sukun ini juga untuk menjaga daerah  resapan air di wilayah Kota Ambon.

“Memperingati hari lingkungan hidup sedunia, kita menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya aksi penanaman ratusan anakan pohon sukun di kawasan konservasi di Kusu-Kusu, daerah resapan air. Kegiatan ini  untuk menjaga daerah-daerah  resapan air agar tetap aman, tidak tandus,” kata   Sekertaris Bapedal  Provinsi Maluku, Junan Tan, Jumat ( 27/5 ).

Loading...

Aksi penanaman anakan sukun ini digelar pada Jumat (3/6) dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat. Selain penanaman anakan sukan, juga digelar sejumlah kegiatan yakni, lomba mewarnai tingkat TK se Kota Ambon. Lomba napak tilas yang diikuti  175 peserta dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, yang finishnya  di  Desa Kusu-Kusu,  sekaligus  penanaman anakan pohon  sukun.

Junan yang juga ketua panitia pelaksana peringatan hari lingkungan hidup sedunia Provinsi Maluku ini  menyatakan, pihaknya juga menggelar  lomba bersih pantai yang diikuti  33 desa dan kelurahan yang di pesisir Pantai Teluk Ambon. Lomba  ini untuk memberi pesan kepada warga agar  tidak membuang sampah di laut karena akan merusak lingkungan dan ekosistemnya.

Terkait antisipasi musim penghujan, Junan mengatakan, Bapedal  Maluku sudah   berkoordinsi dengan BNPB Kota Ambon  untuk mengantisipasi kemungkinan musibah yang terjadi.  Seperti himbauan di daerah rawan longsor, namun diharapkan peran serta masayarakat guna mengantispasi bencana alam yang kapan saja bisa terjadi. (FAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *