Peringati Hari OTDA, Gubernur minta PNS tingkatkan pelayanan

by

AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memperingati hari Otonomi Daerah (OTDA) ke 20 pada Senin (25/4) di halaman Kantor Gubernur. Upacara dipimpin Gubernur Maluku Said Assagaff dan dihadiri ribuan PNS lingkup Pemprov Maluku. Peringatan hari OTDA tahun ini bertemakan, memantapkan otonomi daerah menghadapi tantangan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).
Gubernur saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, OTDA menjadi komitmen dan kensensus pendiri Bangsa Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.
OTDA bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik,pemberdayaan masyarakat,peningkatan daya sain daerah dan pengembangan demokrasi lokal. “Dengan hari OTDA ini saya minta PNS di Maluku terus meningkatkan pelayanan kepada publik di semua bidang karena dengan demikian juga dapat meningkat kesejahteraan masyarakat,”kata gubernur menambahkan sambutan Mendagri.
Mendagri juga menyatakan, seiring diberlakukannya MEA pada 2016 ini, seluruh Pemerintah Daerah harus menata seluruh elemen otonomi daerah, agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas itu. Dalam era MEA nanti diberlakukan lima arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar negara-negara ASEAN.
Yakni arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil,arus bebas modal dan arus bebas investasi. “Melalui pemantapan otonomi daerah kita tidak akan kalah bersaing dengan negara-negara yang ada di lingkungan ASEAN, karena itu kita semua harus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pula kualitas masyarakat,”kata gubernur. DIT