Peringati HPN, Garuda – Lantaman Ambon Tanam Terumbu Karang dan Mangrov

by
Proses penanaman terumbu karang di Pantai Batu Kuda Tulehu. Foto : IAN

AMBON- Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Garuda Indonesia dan Pangkalan Utama TNI  Angkatan Laut (AL) (Lantamal) IX Ambon menggelar penanaman karang dan tumbuhan mangrov di Pantai Batu Kuda, Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (7/2). Penanaman tersebut dilakukan aparat  TNI/Polri, SAR dan komunitas selam di Kota Ambon. Ada sekitar seribu penyelam dikerahkan untuk menanam 2.400 terumbu karang dan 18 ribu tanaman mangrov.

Komandan Lantaman IX Ambon Laksamana Pertama Nursinggih menyatakan, terumbu karang saat ini telah mengalami kerusakan, hanya sekitar 7 persen dalam kondisi yang sangat baik, 33 persen cukup baik, 4 persen dalam kondisi kritis, dan 46 persen mengalami kerusakan.

“Terumbu karang yang akan ditanam nanti akan semakin berkembang dengan baik dan menghasilkan terumbu karang baru yang bermanfaat untuk menghasilkan ekosistem yang baik,” katanya. Secara ekologi, kata dia terumbu karang  bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi jenis makhluk hidup di laut dan keaneka ragaman hayati yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat sebagai tindakan pengelolaan dan pelestarian terumbu karang sehingga bisa diatasi dengan mudah.

Loading...

Sementara Direktur Bidang SDM dan Umum Garuda Indonesia Sari Suaro mengatakan kegiatan penanaman terumbu karang  ini merupakan bagian dari komitmen Garuda sebagai perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada bisnis semata. Namun sesungguhnya telah dowujudkan dengan berbagai kegiatan program bina lingkunga dan pelestarian alam.

“Kegiatan ini juga merupakan sinergi kita dengan persatuan wartawan dalam peringati HPN dan sangat sejalan dengan tema HPN yaitu Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari laut,” kata Suarso. Ia mengatakan, terumbu karang merupakan potesi laut yang sangat penting dan juga menjadi salah satu pendapatan utama dari para nelayan.

Namun saat ini terumbu karang sudah tercemar oleh sampah sehingga berbagai macam biota laut terancam keberadaannya. Selain itu juga hutan mangrov sudah sangat berkurang akibat penebangan dan pencemaran limbah yang berbahaya sehingga perlu penanganan yang baik untuk mengembalikan ekosistem.  Puncak HPN 9 Februari 2017 di Kota Ambon akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri lainnya. (IAN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *