Perjuangan Babinsa Latih Anak Tobelo Jadi Prajurit TNI

by
Babinsa Koramil 1508-02/Galela Sertu Asmar melatih anak-anak desa yang bercita cita menjadi prajurit TNI AD, Minggu (25/4/2021). FOTO : PENDAM16

TERASMALUKU.COM-HALUT-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1508-02/Galela Sertu Asmar selain melaksanakan kegiatan sehari hari di wilayah binaannya, ternyata juga meluangkan waktu untuk memberikan pelatihan kepada putra putri setempat yang bercita cita menjadi prajurit TNI AD.

Seperti yang dilakukan Sertu Asmar pada Minggu (25/4/2021). Latihan tersebut bertujuan meningkatkan animo dan minat putra putri daerah setempat untuk menjadi calon anggota TNI AD.

Pada kesempatan itu, Serda Asmar mengatakan, pembinaan fisik yang diberikan sejalan dengan perintah dari satuan atas, agar para Babinsa mendorong minat remaja, putra maupun putri di wilayahnya masing-masing untuk mendaftar sebagai anggota TNI AD.

“Adapun materi yang kami latihkan untuk pembinaan yaitu, ketahanan lari, pull up, sit up, push up, lunges dan suttle run serta pengetahuan renang gaya dada,” kata Serda Asmar dalam siaran pers Pendam XVI/Pattimura.

Asmar juga menyampaikan bahwa, pemuda dan pemudi dalam binaannya sudah banyak yang lolos menjadi prajurit TNI.

“Tahun 2020 ada 11 orang anak binaan kami yang lolos masuk TNI baik Caba maupun Catam, dan tahun ini Catam Gelombang 1 ada 5 orang yang lolos dan sementara mengikuti pendidikan di Rindam XVI/Pattimura,”ungkap Asmar.

Saat ini anak binaan Serda Asmar berjumlah 36 orang. Mereka adalah 22 putra dan 14 putri, diantaranya ada yang masih duduk di Kelas 2 SMA.

Menanggapi hal yang dilakukan Serda Asmar, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, pembinaan kepada putra putri wilayah binaan merupakan hal yang penting.

Karena menurutnya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan kesiapan, baik fisik maupun mental dalam menghadapi berbagai macam materi tes di kemudian hari.

“Ini merupakan hal positif, mereka ingin dilatih agar dapat mengikuti seleksi penerimaan dan bisa menjadi prajurit TNI AD,” ujar Dandim.

Editor : Hamdi