Perkuat Sinergi Humas Pemerintah, Bea Cukai Maluku Gelar FGD Tematik Kehumasan Online

by
Bea Cukai Maluku menggelar FGD Tematik Kehumasan Online, Selasa (19/5/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Di tengah masa pandemic Covid-19 saat ini, humas pemerintah dituntut selalu tetap produktif dan kreatif untuk membuat dan mengemas konten positif dalam meningkatkan kegiatan, capaian, dan aturan terbaru kepada publik.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Bea Cukai Maluku menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tematik Kehumasan secara online, Selasa (19/5/2020). Diskusi online bertemakan Strategi Komunikasi Humas Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19 diikuti oleh pejabat, pengelola unit kehumasan dari instansi pemerintah, kementerian lembaga, pemerintah daerah,civitas akademika, dan lembaga penyiaran yang berada di wilayah Maluku.

Narasumber FGD Tematik Kehumasan adalah Wakil Ketua 2 Perhumas Indonesia, Pamungkas Trishadiatmoko, dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Bambang Eko Priyanto.

Dalam paparanya, Pamungkas  menyampaikan bahwa humas pemerintah di masa pandemi Covid-19 harus dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada, dengan meningkatkan komunikasi internal dan mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat umum.

“Humas Pemerintah harus terus proaktif, kreatif dan inovatif dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai pengelola kehumasan di masing-masing institusinya untuk memberikan informasi, melaksanakan kegiatan edukasi/sosialisasi, dan menjaga citra positif guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi,” kata Pamungkas.

Loading...

Sementara itu, Bambang Eko Priyanto menyampaikan best practice, pengalaman terbaik pengelolaan kehumasan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar di masa pandemic Covid-19.

Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, dalam kesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa Humas pemerintah selaku mediator komunikasi institusi dengan stakeholder dan masyarakat umum harus bisa tetap eksis meskipun kondisi pandemi Covid-19.

Humas Pemerintah harus bisa mengoptimalkan fungsi-fungsi kehumasan layanan publik secara kelembagaan, dengan memberikan kontribusi positif bagi lembaga pemerintah. “Kegiatan publikasi, kehumasan dan layanan yang biasa dilakukan dengan cara tatap muka, kini harus dilakukan melalui media digital,” katanya.

Dia menambahkan, optimalisasi penyebaran informasi dan konten publikasi lainnya kepada masyarakat umum dapat dilakukan melalui konten media sosial, pelaksanaan virtual meeting, webinar dan bentuk lainnya daru platform daring. (ALFIAN SANUSI)

BACA ARTIKEL MENARIK LAIN ALFIAN SANUSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *