Perluasan Bandara Pattimura Diperpanjang Hingga Januari 2020

by
Airport Operation Service and Hospitality Manager, Ida Made Dwipayana pastikan renovasi bandara Pattimura rampung Januari mendatang (11/12). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Masa pengerjaan renovasi Bandara Internasional Pattimura Ambon diperpanjang. Bagian ruang tunggu adalah satu yang akan paling terasa perubahannya. Daya tampung dan keleluasaan calon penumpang diperhatikan dalam renovasi kali ini.

Sesuai target awal renovasi rampung pada Agustus lalu. Namun ada beberapa bagian yang belum tuntas. Pengerjaan pun terhalang sejumlah event besar kota yang mengharuskan pengerjaan diperlambat.

“Ini merupakan perpanjangan ketiga. Dari agustus tambah lagi sampe November lalu tambah tiga bulan lagi sampai Januari,” jelas Airport Operation Service and Hospitality Manager, Ida Made Dwipayana kepada terasmaluku.com usai rapat bersama Komisi II DPRD Kota Ambon, Rabu (11/12/2019).

Luas bandara yang dulunya 10.270 meter persegi kini bertambah  6.900 meter persegi. Penambahan itu salah satunya untuk memberi akses yang lapang kepada para penumpang. bagian check-in adalah yang paling utama. Ada pemolesan dan pelebaran.

Loading...

Dilanjutkan dengan ruang bording dan penambahan satu gate. Dari sebelumnya hanya ada empat gate, kini ditambah satu lagi, gate 5. “Kami juga tambahkan garbarata jadi penumpang tidak perlu turun jalan tapi langsung koneksi dalam gedung dengan pesawat,”katanya.

Bandara Pattimura merupakan satu dari dua bandara dibawah kelola Angkasa Pura 1 yang beroperasi dari dana susidi. Ada 13 bandara di bawah AP I. 10 bandara termasuk prodktif atau mendatangkan laba.

Sementara Bandara Ambon dan Biak adalah yang mendapat subsidi untuk operasional termasuk renovasi seperti saat ini. Mereka berharap dengan ada perluasan kenyamanan penumpang makin tinggi. Tingkat kunjungan pun kerjasama dengan sejumlah maskapai diperlebar.

Pasalnya selama tidak semua maskapai melayani rute-rute padat seperti tujuan Ambon-Bali. Mereka berharap di 2020 ada tambahan maskapai atau rute baru yang masuk ke Ambon.(PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *