Permudah Akses Masyarakat, Jembatan Darurat Dibangun Personil TNI Bersama Warga di SBT

by
foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-BULA-Danpos Ramil Siwalalat, Peltu Daniel Ritawaemahu bersama sejumlah warga masyarakat dari Negeri Atiahu, Desa Naiwel, Desa Abuleta, dan Desa Sabuai, Kecamatan Siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) membangun jembatan darurat di Sungai Waipudin.

Danpos Ramil Siwalalat, Peltu Daniel Ritawaemahu mengatakan jembatan darurat yang baru rampung pengerjaannya itu demi memperlancar aktivitas masyarakat antar desa di Kecamatan Siwalalat. “Ini merupakan pengorbaban pikiran dan tenaga saya, demi kesejahteraan bagi basudara di Kecamatan Siwalalat,”jelasnya kepada terasmaluku.com via seluler Minggu (14/2/2021).

Dijelaskannya, jembatan darurat di sungai Waipudin ini terbuat dari susunan batu berbentuk bronjong di dalam sungai sekaligus menjadi pondasi jembatan, sementara jalur jembatannya dibangun dengan menggunakan batangan kelapa, kayu dan papan dengan panjang jembatan 14 meter dan lebar tiga meter itu.

Proses pengerjaaan jembatan ini lanjut dia dikerjakan selama 10 hari lamanya dan dikerjakan langsung oleh dirinya bersama warga masyarakat setempat. Dimana anggaran untuk membangun jembatan darurat ini merupakan swadaya Danpos Ramil dan masyarakat setempat. “Jembatan ini berhasil berkat swadaya Danpos dan masyarakat setempat,”ungkapnya.

Foto : Istimewa

Jembatan darurat ini juga kata dia sudah langsung dilakukan uji coba dengan melewatkan satu mobil dan motor usai dikerjakan. “Dan syukur, bisa melewati. Sekarang kita lagi proses mengecat,”katanya.

Dia berharap jembatan darurat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat, baik pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat dan mempermudah akses anak-anak untuk menuju ke tempat mereka bersekolah.

Dia juga berpesan agar masyarakat Kecamatan Siwalalat dan Kecamatan Werinama bisa merawat jembatan itu dengan baik untuk bisa membantu aktivitas keseharian mereka dalam bepergian. (Sofyan)