Perpusdes Batu Merah Terima Pengakuan Langsung dari Menteri Desa PDTT

by
Fenly Masawoy, pejabat kepela pemerimtah negeri Batumerah saat berbicara dengan Menteri Desa PDTT melklui sambungan teleconference di perpustkaan Desa Batumerah, (13/1). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Perpustakaan Hatukau Desa Batu Merah Kota Ambon menjadi satu dari 30 desa se-Indoensia yang berkesempatan melakukan teleconference dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Hail Iskandar, Senin (13/1/2020). Bahkan dia memberi pujian dan pengakuan atas prestasi perpustkaan desa.

BACA JUGA : Bangun Pusat Bisnis dari Dana Desa Negeri Batu Merah

Teleconference itu dilakukan di ruang Perpustakaan Hatukau Batu Merah bersama pejabat dan sejumlah perangkat desa. Ini merupakan kali pertama Abdul dari kabinet Maju Jokowi-Maaruf Amin berkomunikasi langsung dengan sejumlah Balai Latihan Masyarakat (BLM) dan desa-desa digital di Indonesia.

Perpusdes Batumerah satu-satunya dari Maluku yang terpilih lakukan teleconference dengan Menteri Desa PDTT

Abdul bahkan sempat melontarkan pujian dalam obrolan singkat sekitar 1 menit itu. “Perpustakaannya juara nasional ya, oke selamat dan sukses pak Kades dan seluruh warga Batu Merah,” sebut Abdul dari Ruang Kendali Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Jl TMP Kalibata, Jakarta dan didengarkan langsung oleh lebih dari 20 BLM dan perpustakaan desa terpilih di Indonesia.

Ini menjadi salah pengakuan besar atas kinerja dan prestasi Perpusdes yang mengharumkan nama Maluku sebagai perpus terbaik pada 2017 lalu. pejabat desa juga perangkat yang ada di situ pun terlihat bangga dan antusias selama interaksi singkat itu. Fenly Masawoy, pejabat kepela pemerintah negeri Batumerah yang berkomunikasi dengan Menteri Desa pun ikut senang atas perhatian pihak kementerina itu.

loading...

“Ini baru pertama kali. Pak menteri menyapa langsung desa-desa di Indonesia untuk pantau perkembangan desa lewat kemajuan teknologi,” ucap Fenly usai melakukan teleconference kepada Terasmaluku.com.

Dia menilai hal itu sebagai salah satu bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah pusat untuk pengembangan berbasis  kerakyatan dari tingkat desa. Pada kesempatan itu, kata Fenly, menteri juga ingin memastikan penggunaan dana desa dari pemerintah pusat.

Pejabat dan perangkat desa saat berinteraksi dengan Menteri Desa PDTT

Salah satu bukti nyata yakni gedung baru permanen perpustkaan desa. “Dulu perpustakaan kan masih menumpang di kantor desa. Kami sadar bahwa kekurangan di gedung permanen. Kami adakan di musrenbang 2018,” beber dia.

Dan terbukti pada 2019 Perpustakaan Hatukau memiliki fasilitas gedung dua lantai permanen yang dibangun di atas tanah desa. Lokasinya satu area dengan Lapangan Hatukau, Negeri Batumerah. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *