Pertamina Investigasi Tumpahan Minyak di Terminal BBM Wayame

by
Petugas Pertamina Marine VIII memasang oil boom agar tumpahan minyak tidak sampai meluas ke perairan Teluk Ambon, menyusul tumpahan minyak dari tangki pertamina di TBBM Wayame, Kota Ambon, Rabu (15/8/2018). FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- PT. Pertamina tengah mengivestigasi tumpahan minyak di Terminal BBM (TBBM) Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Rabu (15/8/2018). Unit Manager Communication dan CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Eko Kristiawan mengatakan  terjadi phasing (rembesan) akibat pengeringan valve di jalur pipa intertank Avtur yang menyebabkan genangan minyak. Namun menurutnya  hal tersebut tidak terjadi terlalu lama.

Eko mengatakan tangki 07 Avtur tersebut sebenarnya dalam posisi off karena ada pekerjaan tank cleaning. “Setelah diketahui langsung diambil langkah-langkah penanggulangan agar minyak tersebut tidak keluar lagi,” kata Eko dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com, Rabu malam.

Loading…

Menurut Eko genangan minyak yang terjadi telah disedot dengan vacuum truck dan ditransfer ke mobil tangki. Di jalur air keluar dari terminal BBM juga telah dilakukan recovery dengan oil spill dispersant. “Saat ini sedang dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut”, pungkas Eko.

Menurut Eko, selang 1 jam kemudian tumpahan telah berhasil diantisipasi dan dipastikan tidak ada pencemaran ke lingkungan masyarakat. Pengamanan dan pengawalan di TBBM Wayame juga sudah dilakukan oleh BLH Provinsi Maluku dan Kepolisian.(BIR)