Pertamina, Lantamal Ambon Gelar Baksos, Screening Kesehatan Mata dan Gigi Bagi Pelajar

by
Wagub Maluku bersama Komandan Lantamal IX Ambon, GM Pertamina MOR VIII Maluku Papua tengah melihat foto kegiatan baksos yang digelar sejak 8 Maret lalu. Foto : DED. TERASMALUKU

AMBON- Memperingati Hari Kesehatan  tahun 2017, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon bersama PT. Pertamina dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Kantor Pertamina Gudang Arang Ambon, Senin (13/03).

Dalam Baksos  ini dilakukan screening kesehatan  mata dan gigi bagi para pelajar dan masyarakat umum di Kota Ambon. Kegiatan ini juga merupakan puncak Baksos Lantamal IX Ambon  bersama PT. Pertamina (Persero) melalui program  CSR dan SMEPP MOR VIII Wilayah Maluku Papua yang digelar sejak 8 Maret 2017.

Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono mengatakan, pihaknya berkomitmen peduli terhadap kesehatan masyarakat termasuk para pelajar di Kota Ambon. Yaitu dengan  melakukan screening pemeriksaan mata dan gigi.  “Diharapkan dengan  bakti sosial peduli pelajar dan masyarakat umum  ini dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat karena semakin mengerti akan pentingnya kesehatan,”ucapnya.

Menurutnya,  pengaruh  penggunaan gadget  dewasa ini melanda sampai ke para pelajar SD, sehingga begitu mereka besar dan ingin masuk menjadi prajurit TNI AL banyak terkendala dengan mata yang sudah minus, rusak.

Begitu juga dengan gigi, sehingga Lantamal IX Ambon ingin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda untuk bersama – sama menciptakan gigi dan mata yang sehat.

Screening adalah deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit yang secara klinis belum jelas,dengan menggunakan test,pemeriksaan atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orang-orang yang kelihatannya sehat tetapi sesungguhnya menderita suatu kelainan.

Loading...

Penjabat Walikota Ambon Frans Papilaya mengapresiasi kegiatan baksos tersebut. Menurutnya, kegiatan ini merupakan kepedulian serta dukungan dari Lantalam IX Ambon dan Pertamina terhadap program-program pemerintah yang menyasar langsung ke masyarakat.

“Dukungan dan apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini karena menandakan kepeduliaan serta dukungan dari semua pihak terhadap program-program pemerintah yang langsung ke masyarakat,”katanya.

Terkait Peringatan Hari Kesehatan tahun 2017 bertema”Mata jendela harapan dunia” dan “Sehat gigiku cerdas bangsaku”, Papilaya  mengajak warga Kota Ambon untuk terus menjaga kesehatan sebagai suatu anugerah dari Tuhan dan asset yang berharga bagi diri masing-masing.

“Dengan tubuh yang sehat maka semua aktifitas akan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pemerintah menyadari sungguh upaya meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Ambon secara merata dan berkesinambungan bukanlah suatu pekerjaan mudah dan hal tersebut membutuhkan dukungan dan peran serta dari semua pihak,”tandasnya.

Gubernur Maluku dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Zeth Sahuburua mengungkapkan,kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi diantara pihak Lantamal IX Ambon, Pertamina,  Pemerintah Daerah dan masyarakat sebagai wujud kesetiakawanan sosial,rasa kebersamaan dan kepeduliaan terhadap warga masyarakat yang membutuhkan.

Ia menyatakan, di era globalisasi saat ini, generasi muda khususnya pelajar seringkali terjerumus hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan seperti narkoba,miras dan lain-lain. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegahnya.

Hingga acara puncak Baksos, tercatat 1.250 peserta dari pelajar dan masyarakat umum di Kota Ambon  yang mendapat screening kesehatan mata dan gigi.  Selain itu juga dibagikan paket bantuan peralatan sekolah bagi para pelajar di Ambon.  (DED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *