Perwakilan DKI Jakarta Meriahkan Festival Teluk Ambon 2019

by
Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Erawan Asikin (tengah) didampingi Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata, Marisca Kakiailatu (kanan) memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan Festival Teluk Ambon,Kamis (15/8/2019). FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM.AMBON,-Festival Teluk Ambon (FTA) 2019 bakal makin semarak dengan ragam kegiatan dan kejutan. Salah satunya kehadiran partisipan dari DKI Jakarta.

DKI Jakarta diwakili oleh dua wilayah yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Mereka mengirimkan 45 orang turut serta menampilkan kebudayaan daerahnya di hadapan warga Kota Ambon.

Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marisca Kakiailatu mengatakan festival ini merupakan salah satu yang spesial dengan kehadiran partisipan provinsi lain.

Hal itu sekaligus membuktikan gaung dan kesuksesan pemerintah dalam perayaan Festival Teluk Ambon. “Buktinya Festival Teluk Ambon dimintai sama orang dari lain provinsi. Kita juga masuk dalam 30 event terbaik di Indonesia. Ini pencapaian baik,” jelas Marisca saat konferensi pers Festival Teluk Ambon, Kamis (15/8/2019) sore.

Ini merupakan partisipasi daerah lain selama 14 kali penyelanggaraan FTA. Partisipan dari Jaksel misalnya akan membawa 35 orang dan Jakbar 15 orang. Sesaui rencana awal peserta dari Jaksel akan juga memboyong pemain Lenong dan pelawak nasional dari film Tukang Bubur Naik Haji. Mereka akan hadir membuka stand memerkan sejumlah produk kreatif lainnya.

Tak hanya itu keseruan lain dari FTA yakni keikutsertaan peserta Perahu Belang anyar. Yakni dari Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon. Perahu Belang atau Perahu Manggurebe merupakan mata lomba unik dan spesial di FTA. Lomba ini juga menjadi ikon dari kegiatan di Ambon yang tak dimiliki daerah lain di Indonesia.

Keterlibatan sejumlah desa di Maluku selalu jadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu warga. Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Erawan Asikin menjelaskan Perahu Belang setiap tahun selalu jadi agenda paling dinanti. “Kali ini ada tambahan rumah tiga. Sebelumnya belum pernah,” jelasnya.

Erawan mengaku jika jumlah tim yang ikut kali ini memang lebih sedikti. Namun itu bukan karena minim peminta, melainkan ada sederet agenda daerah yang harus diikuti peserta lain.

Di hadapan sejumlah wartawan dia menyebut, hanya ada enam perahu yang ikut. Yakni dari Belang Banda 1, Banda 2, Negeri Haria, Ihamahu, Porto dan Rumah Tiga. Pihaknya tetap optimis antusias warga kian membuat semarak FTA.

Berbagai kegiatan menarik serta sejumlah pameran bakal mengihiasi FTA selama tiga hari sejak 18-20 Agustus mendatang. Lomba berhadiah juga digelar bagi warga yang datang dan berpartisipasi selama FTA berlangsung.(ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *