Pesan Bupati Untuk Pemuda Bursel Saat Musda KNPI

by
Sekda Bursel Sahroel Pawa memberikan sambutan pada Musda KNPI di Aula Kantor Bupati Bursel, Senin (14/8) FOTO : FIK (TERASMALUKU.COM)

 

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar Musyawarah Daerah II (Musda) di Aula Kantor Bupati Bursel, Senin, (14/8). Selain membuka Musda, Sekda Bursel Sahroel Pawa, juga membacakan  sambutan tertulis Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa.

Bupati   minta KNPI selaku induk organisasi kepemudaan dapat menghimpun dan memberikan pembinaan terhadap pemuda dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan  di daearah itu.  Dalam sambutan tertulis Bupati itu, Pawa mengungkapkan, Pemkab Bursel  siap mendukung dan bekerja sama dengan KNPI maupun OKP untuk melaksanakan berbagai kegiatan kepemudaan. Tekait persoalan kepemudaan di daerah Bursel terutama DPD KNPI dengan berbagai persi, Pawa minta perlu dibenahi dan diakhiri sehingga pemuda dapat bersatu.

“Pada prinsipnya pemerintah daerah  membuka diri untuk berdiskusi.  KNPI sebagai lembaga koordinasi dalam menghimpun para pemuda dan organisasi kepemudaan lainnya kalau terpecah sangat tidak memungkinkan untuk membangun kepemudaan di daerah,” kata Pawa.  Ia berharap, Musda kali ini diharapkan melahirkan kepemimpina baru yang akan meneruskan dan melaksanakan kembali roda organiasi KNPI Bursel lebih baik lagi.

Sekertaris DPD KNPI Provinsi Maluku, Saul Ch Tuanger mengatakan, pemuda mempunyai peran penting dalam membagun kekuatan sebuah negara.  Begitu juga dengan Pemuda di Bursel,  mempunyai kekuatan dan potensi yang hebat untuk membagun daerahnya. Olehnya itu, KNPI sebagai mitra strategis pemerintah daerah harus sama – sama bergandengan tangan.

“KNPI bukan lawan pemerintah, KNPI bukan teman pemerintah, tetapi KNPI adalah mitra pemerintah. KNPI harus memiliki kecerdasan intelektual untuk bersama pemerintah daerah membagun daerah. Berbagai potensi daerah di Kabupaten Bursel ini sangat banyak oleh itu butuh kualitas pemuda untuk mengelolah berbagai potensi tersebut,” katanya.

Ketua DPD KNPI Bursel, Hakim Sowakil mengatakan, Musda untuk membangun sinergitas pemuda dan pemerintah sebagai mitra dalam pembangunan di Kabupaten Bursel agar kedepan makin maju.

Souwakil mengungkapkan, pelaksanaan Musda bertujuan untuk melahirkan keputusan dan program program bermafaat selain bagi organisasi, pemerintah  daerah dan masyarakat Bursel.  “Melalui momentum ini kita bangun sinergitas pemuda dan pemerintah dalam menyongsong masa depan Bursel,” katanya. (FIK)