Pesan Presiden Jokowi Saat Pembukaan Pesparani Yang Disampaikan Menteri Jonan

by
Defile peserta Pesparani Katolik Nasional I di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu (27/10/2018) saat pembukaan diikuti 34 provinsi se Indonesia. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyampaikan ucapan selamat atas  penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I di Kota Ambon. Presiden Jokowi juga menyampaikan dua pesan saat pembukaan Pesparani. Pesan ini disampaikan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan ketika memberikan sambutan membuka Pesparani mewakili Presiden Jokowi di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (27/10/2018) malam.

Pesparani adalah perhelatan lomba paduan suara umat Katolik yang baru kali pertama secara nasional diselenggarakan. Ada dua pesan yang disampaikan Kepala Negara lewat Menteri Jonan. Yang pertama adalah menjaga dan merawat Kebhinekaa,  kekuatan Bangsa Indonesia. “Kebhinekaan yang dibentuk dari sejak jaman para bapak-bapak pendiri bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari juga Miangas hingga ke Pulau Rote,” kata Menteri Jonan.

Pesan kedua menurut Menteri Jonan adalah masyarakat dan Bangsa Indonesia harus  menjaga dan melestarikan kebhinekaan, persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Karena menurut Jonan, hal tersebut menjadi modal kuat agar bisa membawa Indonesia menjadi bangsa besar dan bangsa  yang ditakuti di dunia. Sebaliknya jika tidak ada persatuan, tanpa kerukunan dan tanpa persaudaraan akan sulit membangun Indonesia yang beragam ini.

Loading...

“Pesan kedua bahwa kita perlu menjaga dan melestarikan kebhinekaan ini, dengan persatuan dengan  kerukunan dan persaudaraan. Persatuan, kerukunan dan persaudaraan yang harus kita pertahankan, karena akan membawa Indonesia sebagai bangsa yang sangat besar dan sangat ditakuti di dunia. Tanpa persatuan, tanpa kerukunan serta persaudaraan, membangun Indonesia akan tidak mudah lagi. Oleh karena itu kita semua berharap kita tetap  menjaga persatuan,  menjaga kerukunan dan juga persaudaraan di dalam kebhinekaan kita,” kata Menteri Jonan.

Presiden Jokowi mengutus dua menteri untuk menghadiri pembukaan Pesparani. Yakni Menteri Jonan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Saat pembukaan itu, Presiden Jokowi menyampain ucapan selamat atas penyelenggaraan Pesparani Katolik pertama di Indonesia ini. “Selamat atas Pesparani Umat Katolik,mampu memuliahkan Tuhan dan mampu menyatuhkan Bangsa Indonesia dalam persaudaraan sejati,” demikian ucapan Jokowi lewat video taiping yang diputar saat pembukaan Pesparani. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *