Pesantren Al Anshor Liang, Juara Liga Santri Nusantara 2017

by
Tim Al Anshor Liang, Juara Liga Santri Nusantara yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Lantamal IX Ambon, Minggu (24/9). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Tim sepak bola Pesantren Al-Anshor Liang Kecamatan Salahutu Maluku Tengah, akhirnya menjuarai Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 Regional  Maluk-Papua.  Tim Al-Anshor  Liang mengukuhkan kemenangan mereka setelah menunduhkan   tim pesantren Al-Falah Gemba, Seram Bagian Barat, 3-2  lewat drama adu pinalti di Lapangan Sepak Bola Lantamal IX Ambon, Minggu (24/9) sore.

Bermian imbang pada waktu normal, kedua tim ini saling serang namun tidak membuahkan hasil. Kemengan diraih setelah drama adu pinalti, dan memastikan Al-Anshor mengangkat trofi juara LSN 2017.  Laga final kedua tim ini disaksikan langsung  Walikota Ambon Richard Louhenapessy, undangan serta pendukung kedua tim ini.

Turnamen LSN ini diikuti  santri dari pesantren di wilayah Maluku, Maluku Utara dan Papua. Kegiatan yang dilakukan Gerakan Pemuda (GP) Anshor ini digelar tiap tahunnya, untuk memupuk persaudaraan dan mencari bibit muda pemain sepak bola.  Walikota  Ambon   menutup dan menyerahkan Piala Bergilir Walikota  kepada pemenang Liga LSN Regional  Maluku-Papua.

Selain piala bergilir, Walikota juga menyerahkan  hadiah uang pembinaan kepada juara pertama sebesar 10 juta rupiah. Walikota mengatakan, Liga Santri Nusantara ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam rangka membangun persatuan dan kesatuan serta solidaritas pada generasi muda. “Ini adalah kegiatan positif untuk membangun solidaritas di kalangan generasi muda dan saya kira kegiatan seperti ini harus mendapatkan apresiasi,” kata Richard.

Menurutnya, kompetisi ini  adalah terobosan positif yang dilakukan GP  Anshor melalui  perlombaan antar pesantren. “Kompetisi ini  bukan soal juara dan hadiahnya, tetapi memupuk persatuan dan kesatuan itu sangat penting. Kita tau persis kalau NU itu menjadi motivator untuk menjaga kesatuan bangsa ini bersama organisasi lainnya,” kata Richard.

Walikota juga menyatakan, Pemerintah Kota Ambon akan segera menggelar kompetisi  Liga Desa dan seluruh desa di Kota Ambon harus berpartisipasi. “Kami berharap seluruh desa bisa berpartisipasi dalam event ini, agar Kota Ambon mendapatkan bibit untuk kesebelasan yang tangguh,” katanya. (IAN)