Pesawat NAM AIR Tujuan Manado Dilarang Terbang Lanud Pattimura

by
Pesawat NAM AIR terparkir di Bandara Pattimura Ambon pada Minggu (12/12) malam.

AMBON- Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura melarang pesawat NAM AIR terbang dari Bandara Pattimura dengan tujuan Bandara Sam Ratulangi, Manado pada Minggu (11/12) malam.Sesuai jadwal,pesawat Boeing 737 dengan nomor penerbangan IN-695 itu terbang pukul 18:55 WIT namun karena dilarang pihak Lanud Pattimura, hingga Minggu malam pukul 21.00 WIT pesawat belum juga diterbangkan.Pihak maskapai penerbangan beberapa kali menyampaikan pengumuman mengenai keterlambatan penerbangan ini akibat alasan operasional.
Pantauan Terasmaluku.com, sekitar seratus penumpang maskapai Group Sriwijaya Air ini terlantar di ruang tunggu keberangkatan lantai dua Bandara Pattimura Ambon akibat larangan ini. Mereka mendatangi petugas NAM AIR untuk menanyakan kepastian keberangkatan pesawat itu. Pesawat terparkir di garbarata. Sejumlah aparat Lanud berpakaian dinas dan preman berada di landasan parkir dan sebagian di dekat pesawat.
Selain itu aparat juga berada di pintu keluar ruang tunggu menuju garbarata pesawat. Hingga berita ini disusun belum diketahui pasti penyebab larangan terbang NAM AIR ke Manado. Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P Mongan menggelar pertemuan dengan managemen NAM AIR di Lanud terkait masalah ini. Diduga larangan terbang akibat adanya sejumlah masalah administrasi yang belum diselesaikan pihak NAM AIR, selaku operator penerbangan.
NAM AIR sendiri baru dua hari terbang dengan rute Ambon- Manado dan Ambon-Sorong. Ini merupakan rute baru yang dibuka NAM AIR. Pihak NAM AIR juga menolak berkomentar terkait hal ini. “Maaf tidak ada masalah, managemen sementara melakukan pertemuan dengan Komandan Lanud Pattimura, semuanya baik – baiknya saja, dan pesawat akan terbang,” kata salah seorang petugas NAM AIR. (ADI)