Pesawat Wings Air Dengan Penumpang Bupati dan Pejabat Aru Gagal Terbang Dari Bandara Rar Gwamar

by
Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW/1531 yang gagal take off dari Bandara Rar Gwamar Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (8/3/2021) siang masih terparkir hingga Senin sore. FOTO : AGUS

TERASMALUKU.COM,-DOBO-Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW/1531 gagal take off,  lepas landas dari Bandara Rar Gwamar Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (8/3/2021) sekitar pukul 10 : 10  WIT.

Pesawat yang diketahui diawaki Kapten Pilot Sehan Kevin ini mengangkut 53 penumpang,  5 awak kabin dengan tujuan penerbangan ke Bandara Internasional Pattimura Ambon.

Diantara  penumpang terdapat  Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dan sejumlah Kepala Dinas lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru.

Posisi pesawat sudah berada di ujung landasan, namun tiba-tiba mengalami gangguan sistem sehingga pilot membawa pesawat kembali ke apron, parkiran.

Pelaksana Harian Bandara Rar Gwamar Dobo, Richard Kilikily mengatakan penyebab gagalnya take off Wings Air akibat matinya sistem navigasi pesawat secara tiba-tiba.

Untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan pilot terpaksa membatalkan penerbangan tersebut.

“Gangguannya itu layar monitornya,  jadi bukan mesin, bukan AC, biasanya kejadiannya AC, tapi tadi layar monitor. Itu hal yang sangat fatal dalam pesawat. Maka dari pilot ambil keputusan untuk cancel, batalkan penerbangan,” kata Richard.

Ia menjelaskan kejadiannya tiba-tiba saat hendak take off. Saat terbang dari Bandara Ambon ke Bandara Dobo juga tidak ada masalah.

“Kejadiannya tiba-tiba. Saat berangkat dari Ambon aman, keluar dari apron ke runwey juga aman. Tapi pada saat mau take off  tiba-tiba layar blank, layar hilang, gelap makanya langsung balik ke apron, dan sempat dibikin sama teknisi tapi belum bisa,” jelas Richard.

Tidak ada  korban jiwa maupun luka luka dalam kejadian ini. Akibat peristiwa ini, semua penumpang dievakuas dari dalam pesawat.

“Semua penumpang sudah pulang ke rumah dalam keadaan selamat,” ungkap Richard.

Hingga Senin sore, pesawat Wings Air tersebut masih berada di apron bandara. (Agus)