Pesona Kepulauan Banda Dari Puncak Gunung Api

by
Pemandangan Kepulauan Banda dari Puncak Gunung Api pada Jumat (16/12). (Foto : IAN)

BANDA_Kepulauan Banda memiliki pesona wisata yang lengkap. Tidak hanya pantai, laut, pohon pala serta wisata sejarahnya, di Banda kita juga bisa berwisata naik Gunung Api atau biasa disebut Ganapus. Dari puncak Ganapus, kita bisa menyaksikan pesona keindahan Kecamatan Banda yang penuh sensasi. Dari ketinggian Ganapus itu kita dapat melihat keindahan Kota Naira, Ibukota Kecamatan Banda dan pulau – pulau lainnya. Puncak ini juga sering diburu para pendaki lokal maupun Internasional.
Terasmaluku.com, Jumat (16/12) berkesempatan mendaki Ganapus. Untuk ke puncak Gunapus tak perlu melapor dan membayar, cukup menyeberang dengan ketinting dari Kota Naira ke Pasir Kei Pulau Gunung Api, sekitar sepuluh menit. Dari sinilah pendakian dimulai. Dari titik awal sampai ke puncak, jalannya menanjak terus dan butuh tenaga ekstara, sebab jalannya juga bebatuan dan pasir yang licin.
Walaupun jalur yang lumayan terjal dengan bebatuan licin, ciri khas gunung api. Tapi Gunung Banda ini selalu saja diburu wisatawan karena menghadirkan pamandangan indah dari atas ketinggian. Setelah 2 jam perjalanan akhirnya sampai ke puncak. Melihat keindahan dari titik tertinggi Pulau Banda semua lelah dari awal perjalan hingga puncak pun hilang seketika. Rasa syukur pun dipanjatkan atas pencapaian dan bisa melihat keindahan Tuhan dari titik tertinggi di Kepulauan Banda itu.
“Gunung ini mempunyai pemandangan yang luar biasa. Karena dari atas puncak kita bisa melihat pulau-pulau di Banda yang tersusun rapi,” kata Rahmat Tutupoho salah satu pendaki Ambon yang ditemui Terasmaluku.com di Puncak Ganapus Banda, Jumat (16/12). Di puncak Ganapus juga, pendaki bisa melihat kawah gunung api ini yang terakhir meletus pada 9 Mei 1988. Namun tentu harus berhati – hati. Puncak Ganapus memiliki ketinggian sekitar 640 meter dari permukaan laut (MDL) dengan waktu yang di tempuh selama 2 jam secara maksimal. Bagi pendaki harus selalu berhati-hati karena Gunung Ganapus masih aktif. . Di Puncak Ganapus juga, para pendaki sering menggelar Upacara HUT RI pada setiap 17 Agustus.Jika anda ingin menguji adrenalin, Gunung Api Banda Naira, bisa jadi salah satu tempat yang layak didaki saat berlibur.(IAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *