Pesta Teluk Dipusatkan Dibawah Jembatan Merah Putih

by
Jembatan Merah Putih (JMP) membentang di Teluk Ambon. JMP dengan panjang 1.140 meter ini menghubungkan Desa Poka dan Desa Galala Ambon, menjadi icon Kota Ambon. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menggelar Pesta Teluk Ambon ke 12, yang dipusatkan di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon pada 8 September 2017. Gubernur Maluku Said Assagaff berharap Pesta Teluk ke 12 ini harus dirayakan dengan meriah dan dipusatkan dibawah JMP.

“Dalam event Pesta Teluk tahun  ini seluruh agenda lomba akan dipusatkan di bawah JMP Ambon. Ada berbagai lomba yakni lomba perahu tradisional atau perahu manggurebe, lomba perahu semang perempuan, perahu semang laki-laki, dan lomba perahu hias,” kata Gubernur Assagaff  dalam keterangan persnya di Rumah Kopi Lela Jalan Samratulangi Ambon, Sabtu (19/8).

Gubernur Assagaff yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Maluku Habiba Saimima  ini mengungkapkan, selain lomba itu,  ada juga lomba yang baru digelar  Pemprov Maluku dalam Pesta Teluk ini yakni, lomba foto pariwisata yang dimuat di media sosial, instagram, goyang tobelo dan lomba mewarnai pariwisata. “Ada juga lomba triathlon dari Natsepa ke Lapangan Merdeka Ambon, lomba –lomba  tersebut baru pertama kali kita buat,” katanya.

Ia juga mengatakan, sudah banyak yang mendaftar pada seluruh mata lomba itu. Untuk mata arumbai manggurebe ada 11 grup, lomba perahu semang laki-laki 20 grup, lomba Triathlon ada 30 orang peserta, lomba foto yang dimuat  di instagram ada 30 orang, lomba foto pariwisata ada 15 orang dan juga ada lagi peserta dari SKPD.

Kegiatan ini menurut gubernur untuk mempromosikan potensi pariwisata bahari Teluk Ambon dan JMP. “Saya berharap Menteri Pariwisata dapat membuka dan meresmikan kegiatan Pesta Teluk yang ke 12 di Kota Ambon ini,” katanya. (IAN)