Pimpinan Apel Akbar, Bupati SBT : Saya Mohon ASN Jaga Rahasia Negara

by
Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas memberikan sambutan saat memimpin apel akbar ASN di halaman Kantor Bupati pada Rabu, (30/06/2021). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA- Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas memimpin apel akbar perdana ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di depan Kantor Bupati, Kota Bula pada Rabu (30/6/2021).

Dalam apel ini, Bupati mengingatkan ASN agar dalam menjalankan tugasnya menjaga kerahasian negara.

Bupati menilai saat ini banyak ASN yang menceriatakan masalah di masing-masing dinas, tempat bekerja.

Padahal kata Bupati, dalam Undang-Undang nomor 5 tentang ASN itu, telah menegaskan bahwa ASN wajib menjaga kerahasian negara, didalamnya juga tentang masing-masing kantor atau dinas.

“Beta (saya) mohon ke ASN, anda bekerja harus menjaga kerahasian negara. Baik informasi yang sering menceritakan kondisi dinas masing-masing,” kata Bupati Abdul Mukti Keliobas, saat memimpin apel akbar.

Bupati minta jika ada temuan atau dugaan penyimpangan keungan di masing-masing dinas, maka segera dilaporkan ke Bupati. Bukan harus diceritakan di pasar-pasar, rumah kopi maupun ke wartawan.

“Kalau ada penyimpangan keungan sampaikan saja ke Bupati. Datang ke Bupati, pak seperti ini, kondisi di kantor seperti ini, kalau tidak percaya tolong periksa disana. Itu baru yang batul. Bukan cerita di wartawan, cerita di pasar-pasar dan di rumah kopi,” kata Bupati.

Dirinya mengarapkan agar ASN tidak lagi mengulangi hal serupa. Kalau tidak itu akan menjadi konsumsi seluruh masyarakat.

“Tolong dijaga. Saya tidak mau lagi ASN sepeti itu, semuanya harus tertib, semua aturan menyangkut ASN harus dipahami secara baik. Semua yang saya sampaikan ini menjadi catatan bagi semua ASN.

Pada apel akbar tersebut Bupati juga mendatangani Peraturan Bupati (Perbub) tentang kode etik dan kode perilaku ASN.

Bupati mengatakan akan membentuk mejelis kode etik dan kode perilaku ASN yang diketuai langsung oleh Sekda SBT, Jafar Kwairumaratu dan Sekretarisnya Kepala BKD SBT. (Sofyan)