Pipa Saluran Laut Mesin PLTD Rusak, PLN Ambon Lakukan Pemadaman

by
Mesin Pembangkit WIKA di Hative Kecil Ambon

AMBON- PT. PLN (Persero) Area Ambon kembali melakukan pemadaman listrik bergilir di wilayah Pulau Ambon. Pemadaman terjadi sejak Rabu (5/10) dan hingga Kamis (6/10) malam sejumlah kawasan di Ambon masih mengalami pemadaman listrik. Itu terjadi akibat kerusakan pipa saluran air laut mesin di Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) WIKA Hative Kecil Ambon.
Kerusakan ini menyebabkan suplai listrik ke PLN Area Ambon berkurang sehingga terjadi defisit daya dan berujung pada pemadaman lisrtik bergilir. “Sejak Rabu terjadi kerusakan di pipa saluran air laut mesin PLTD WIKA, akibatnya terjadi defisit daya sehingga kami melakukan pemadaman listrik secara bergilir di wilayah Ambon,” Kata Manager PT. PLN Area Ambon Huslan Husein saat dihubungi Terasmaluku.com, Kamis (6/10) malam.
Waktu pemadaman bergirilir sekitar dua jam tiap wilayah. Menurut Huslan, mesin pembangkit WIKA Hative Kecil menyuplai 16 Mega Watt (MW) untuk kebutuhan listrik di Kota Ambon. Kerusakan pipa saluran air laut itu menyebabkan WIKA hanya mampu menyuplai listrik ke PLN 8 MW. Dengan kondisi ini, PLN Area Ambon mengalami defisit daya 8 MW dan terpaksa melakukan pemadaman listrik.
Ia menatakan, saat ini petugas PLTD WIKA memperbaiki kerusakan pipa saluran air laut tersebut. Diharapkan perbaikan cepat selesai sehingga kondisi listrik dapat normal kembali. “Kemungkinan Kamis malam perbaikan sudah selesai, kondisi sudah normal, sehingga pada Jumat tidak terjadi pemadaman bergilir lagi,” katanya. WIKA merupakan perusahan milik BUMN yang memproduksi aliran listrik untuk dijual ke PLN. PLN kemudian mengaliri aliran listrik itu ke pelanggan.
Catatan Terasmaluku.com, pada awal September lalu, PLN juga melakukan pemadaman listrik bergirik di wilayah Ambon karena hal yang sama, terjadi kebocoran pipa pendingin bawah laut pada mesin PLTD WIKA. Pemadaman bisa teratasi setelah pipa yang bocor itu diperbaiki. ADI