Pjs Bupati SBT Sebut Penyebab Banjir Bula Akibat Dampak La Lina

by
Pjs Bupati SBT, Hadi Sulaiman didampingi Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar meninjau lokasi banjir di kawasan sekitar Kantor KPU SBT, Senin (23/11/2020). Foto: Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA– Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Hadi Sulaiman meninjau lokasi banjir di depan Kantor KPU SBT di Kota Bula, Senin (23/11/2020). Kawasan Kantor KPU SBT menjadi lokasi terparah banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bula Senin siang.

BACA JUGA : Hujan Sebentar, Sejumlah Kawasan di Kota Bula Terendam Banjir

Hadi didampingi Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar dalam peninjauan ini. Hadi mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah kawasan di Kota Bula itu merupakan dampak dari Fenomena La Nina. Hadi menjelaskan proses La Nina melalui empat tahapan.

Pertama dimulai dari perjalanan udara laut yang panas dari pantai Peru- Ekuador (Amerika Latin) ke arah barat sampai ke wilayah Indonesia. “Kemungkinan, efek samping La Nina yang sudah kita hadapi keberadaannya di Kabupaten SBT khususnya Kota Bula saat ini,”kata Hadi kepada wartawan di lokasi banjir.

Loading...

Untuk mengatasi dampak La Nina ini, lanjut Hadi, Pemkab SBT dan TNI/Polri sudah melakukan langkah-langkah persiapan sejak sepekan lalu. “Pemkab dengan TNI-Polri sudah mengantisipasi melalui apel bersama di Lapangan Polres SBT. Apel itu untuk mengantisipasi sebenarnya kemungkinan yang terjadi dari efek samping La Nina,”sambungnya.

Melihat kondisi dampak banjir yang terjadi, Hadi mengatakan untuk sementara aktivitas di Kantor KPU SBT akan dipindahkan ke lokasi yang aman dari ancaman banjir. Ini penting agar KPU SBT bisa terus melakukan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 khususnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten SBT pada 9 Desember secara baik.

“Kami sudah meninjau satu gedung alternatif yaitu Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan. Maka aktifitas KPU kita akan arahkan ke situ. Terutama penyimpanan logistik Pilkada 2020 dan juga aktifitas lainnya. Dan semuanya kami sudah koordinasi sama Kapolres, Ketua KPU dan Bawaslu,”terangnya.

Hadi berharap dampak fenomena La Lina ini tidak berpengaruh terhadap proses ataupun distribusi logistik Pilkada Kabupaten SBT. Hadi juga menghimbau masyarakat SBT agar lebih waspada terhadap dampak La Nina. (Sofyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *