PKS Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Maluku

by
Ketua DPW PKS Maluku Azis Sangkala (Tengah) memberikan keterangan pers, Rabu (31/5). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur  Maluku periode 2018-2023.  Pembukaan penjaringan pendaftaran Balon  dimulai pada Senin 5 Juni mendatang dan akan berlangsung  hingga dua pekan.

“Kita sudah sepakat membuka penjaringan di Bulan Ramadan ini, pembukaan secara resmi dimulai Senin (5/6) depan dan proses ini akan dilakukan selama 2 minggu,” kata Ketua DPW PKS Maluku Azis Sangkala kepada wartawan di Ambon, Rabu (31/5).

Ia menyatakan, dalam proses penjaringan Balon Gubernur Maluku, PKS memberikan kesempatan kepada seluruh putra putri terbaik Maluku yang ingin mengabdi di dearah ini. “Kami tegaskan bahwa proses penjaringan ini adalah proses yang terbuka, transparan dan memberikan ruang yang sama serta kesempatan kepada seluruh  putra dan putri terbaik Maluku untuk menjadi kandidat ,” katanya.

Azis  mengatakan, sesuai dengan petunjuk teknis (Juklis) yang telah ditentukan DPP  PKS, untuk mendapatkan rekomendasi dari partai ini, harus melalui beberapa tahapan penjaringan. Yakni tahapan penjaringan yang dimulai dari pendaftaran, pengembalian berkas pendaftaran sampai dengan verifikasi berkas.  “Setelah melewati verifikasi berkas, kita akan melakukan uji kelayakan para kandidat Balon dengan melihat pendalaman visi dan misi dari para kandidat untuk mensinergikan visi misi calon dengan partai ini,” ujar Azis.

Menurut Azis, partai juga  akan melakukan penjaringan dukungan secara internal yakni, menjaring dan melakukan sosialisasi kepada seluruh struktur partai di tingkat provinsi, kabupaten dan Kecamatan. “Mereka semua diberikan hak untuk menyampaikan pendapatnya tentang calon yang berproses di PKS dan juga ada kelompok pembina kader yang akan mendapatkan hak untuk menentukan pilihannya,” jelas Azis.

Ia mengatakan, untuk pentahapan terakhir yakni proses survei dari partai kepada para kandidat tentang sosok figur para kandidat balon Gubernur dan Wakil Gubernur  di mata masyarakat Maluku. Hal ini dilakukan untuk memastikan calon yang didukung PKS  punya peluang menang dalam Pilgub 2018 nanti. (IAN)